Press ESC to close

Tanam Padi Serentak Dalam Rangka Percepatan Tanam Jajaran Kodim 0713/Brebes Tahun 2015

Songgom, Senin (07/12/2015) Kodim 0713/Brebes bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kab. Brebes melaksanakan kegiatan “ Tanam Padi Serentak Dalam Rangka Percepatan Tanam Tahun 2015 “ dilahan persawahan Desa Karangsembung Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S. IP, Wakil Bupati Brebes Narjo, SH, Ketua Komisi IV DPRDKab. Brebes bapak Imam Royani, Kepala Dinas Pertanian Ir. Budiharso, Muspika Kec. Songgom, para Danramil dan Babinsa serta kelompok tani pembangunan Desa Karangsembung Songgom.
Dalam sambutannya, Dandim 0713/Brebes menyampaikan, “ Program Swasembada pangan yang ditetapkan oleh pemerintah harus kita dukung secara bersama-sama, tidak bisa kita bekerja sendiri-sendiri dan tugas kita adalah bekerjasama guyub untuk mensukseskan program ini. Pemerintah ingin mensejahterakan petani dengan memberikan kemudahan berupa subsidi pupuk, benih dan memberikan bantuan alat-alat mesin pertanian seperti Traktor dan alat mesin panen padi agar produksi dan penghasilan petani meningkat dengan harapan kehidupan petani dengan keluarganya dapat sejahtera. Saya berharap mari kita bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia Swasembada pangan pada tahun 2015 “.
Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Brebes mengatakan, “ Lahan pertanian adalah sumber kehidupan kita yang mana Indonesia memiliki sumber alam yang melimpah sehingga banyak negara-negara lain yang ingin menguasai sumber-sumber alam yang ada di Indonesia. Perlu diketahui bersama bahwa Kabupaten Brebes merupakan daerah terluas dan terpadat penduduknya di Jawa Tengah yang mayoritas masyarakatnya 60% adalah petani. Untuk itu mari kita dukung program Swasembada pangan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah “.
Pada program percepatan tanam padi sekarang ini para Babinsa dengan bekerjasama dengan PPL yang ada di desa-desa akan terjun langsung dilapangan untuk melakukan pendampingan kepada para petani agar hasil panennya dapat meningkat. “ Giat percepatan tanam padi ini adalah suatu kegiatan yang sangat penting karena merupakan bagian dari program atau upaya pemerintah dalam mencapai program Swasembada pangan khususnya tanaman padi sesuai yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI bahwa diharapkan pada tahun 2017 bangsa Indonesia bisa Swasembada pangan yang artinya kebutuhan pangan khususnya padi dan beras tidak lagi mengandalkan Import dari luar namun benar-benar dapat dipenuhi dari produksi pertanian dalam negeri “, ujar Ir. Budiharso Kadin Pertanian Kab. Brebes.