Press ESC to close

Semiloka Pendidikan Karakter Kerjasama Setjen Wantannas dan Unnes

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional bersama Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya yang berlangsung selama 2 hari di Hotel Grand Candi Semarang (22/10). Semiloka yang berlangsung tanggal 22-23 Oktober 2014 ini, mengangkat tema “Pendidikan Karakter Terintegrasi Dan Berkelanjutan Di Tingkat Sekolah Hingga Perguruan Tinggi Dengan Sistem Spiral Dalam Rangka Nasionalisme”.

Hadir pada acara tersebut Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman M.Hum, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono yang diwakili Kasdam IV/Diponegoro, para pejabat dari Polda Jateng, jajaran TNI, dan pejabat pemerintah.

Sementara itu, Sekjen Wantannas Letjen TNI Waris dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan semiloka ini sebagai salah satu referensi pembudayaan karakter bangsa. Hal ini sejalan dengan perkembangan pendidikan saat ini, karena keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan aspek intelektual saja, namun juga dipengaruhi oleh spiritual dan kemampuan emosional.

Menurut Letjen TNI Waris,  beberapa indikator yang saat ini dapat melemahkan karakter bangsa tercermin dari berbagai perilaku kehidupan masyaratkat antara lain meningkatnya intensitas konflik horisontal berlatar belakang SARA, tindak pidana korupsi, perilaku hidonisme konsumtif, penyalah gunaan narkoba, kebebasan yang melampaui kepatutan, dan mengganggu kebebasan pihak lain. Selain itu juga terjadinya kerusakan lingkungan hidup, dan perilaku lainnya yang bertentangan dengan norma dan nilai dasar bangsa Indonesia.

Beberapa indikator tersebut merupakan konsekuensi logis dari perkembangan demokrasi dan globalisasi yang melanda hampir seluruh belahan bumi. Indikasi tersebut harus mendapatkan atensi dari seluruh penyelenggara negara, kalangan pendidik, tokoh masyarakat, agama, pemuda, agar secara dini sesuai dengan posisi kemampuan masing-masing melakukan pembudayaan karakter bangsa.

Diharapkan dengan diselenggarakan semiloka yang merupakan kerjasama Setjen Wantannas dengan Unnes, maka akan berguna untuk  mengembangkan  pendidikan karakter bangsa di wilayah Jawa Tengah sekaligus dapat memberikan nilai manfaat bagi daerah lain di Indonesia.