Press ESC to close

Materi Wawasan Kebangsaan Bagi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purwokerto

Merupakan sebuah harapan yang menjadi cita-cita kita sebagai anak bangsa, sudah terlalu banyak perjuangan yang dilakukan founding father bangsa ini terhadap negeri tercinta, akan tetapi seiring dengan berkembangnya jaman, nilai-nilai yang menjadi dasar sikap dan menjadi karakter bangsa ini perlahan mulai memudar.

Berbagai fakta dan fenomena yang berkembang menunjukkan bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang ditandai terutama oleh kemerosotan akhlak dan degradasi wawasan kebangsaan, seperti tercermin dalam perilaku yang lebih mengedepankan nilai-nilai individualisme, pragmatisme, dan liberalisme sehingga menggerus nilai-nilai gotong royong, musyawarah mufakat, toleransi, persatuan dan kesatuan.

Jumat tanggal (17/10) bertempat di Kelurahan Pasir Kidul Purwokerto Barat,  Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf M Asep Apandi, S. IP memberikan materi wawasan kebangsaan tentang 4 Pilar Kebangsaan Indonesia dengan diikuti 100 anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purwokerto Komisariat Dakwah STAIN Purwokerto. Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf M Asep Apandi, S. IP mengatakan “Perwujudan Empat Pilar Kebangsaan Indonesia yang menjadi dasar kekuatan bangsa Indonesia saat ini dirasakan harus segera diimplementasikan kedalam perwujudan yang lebih kongret dan nyata. Untuk itu kami sebagai bagian dari bangsa Indonesia merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam upaya mensosialisasikan perwujudan Empat Pilar Kebangsaan Indonesia tersebut agar lebih dirasakan manfaatnya bagi bangsa ini pada umumnya dan anggota HMI pada khususnya.

Pemberian materi Wawasan Kebangsaan ini sangat penting bagi para mahasiswa STAIN yang tergabung dalam HMI Cabang Purwokerto, Komisariat Dakwah STAIN Purwokerto dengan tujuan untuk menanamkan upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa agar mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan termasuk yang paling berat yaitu disintegrasi bangsa, mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan di segala bidang, penyegaran jiwa dan semangat sumpah pemuda, aktualisasi wawasan kebangsaan adalah merupakan partisipasi bangsa secara nyata oleh setiap warga bangsa dan komponen bangsa serta memberi konstribusi dalam membangun bangsa, mengangkat harkat dan martabat bangsa di dunia. Oleh karenanya kita harus yakin bahwa bangsa Indonesia ini akan menjadi bangsa besar yang bisa merajai dunia, apabila kembali lagi ke Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 45 dan NKRI.

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf M Asep Apandi, S. IP kembali menegaskan, disini kita lahir dan disini kita dibesarkan, anak ibu pertiwi di seluruh bumi nusantara, mari bersatu membangun negeri walau kita beda agama, suku, adat dan bahasa, bukan alasan untuk saling salah dan saling menyalahkan, mari kita jaga pilar kebangsaan, bangunlah jiwa jiwa pemimpin bangsa.