Sabtu , 20 Januari 2018
Berita Terbaru
Home » Kliping Berita » Kodim 0733 BS/Semarang Bangun Lima Ribu Jamban

Kodim 0733 BS/Semarang Bangun Lima Ribu Jamban

SEMARANG, suaramerdeka.com – Jajaran Kodim 0733 BS/Semarang membantu menyediakan 5.000 jamban untuk rumah warga di empat kecamatan di Kota Semarang.

“Empat kecamatan tersebut yaitu Tembalang, Banyumanik, Ngaliyan dan Pedurungan,” kata Dandim 0733 BS/Semarang Letkol Inf Mohammad Taufiq Zega, saat meninjau Program Jambanisasi di Kelurahan Rowosari, Tembalang, Selasa (6/1).

Dandim menambahkan, program ini adalah kolaborasi antara Yayasan Wahana Bakti, Pemkot Semarang dan Kodim 0733 BS/Semarang. Adapun target jambanisasi adalah sebanyak 5.000 unit jamban. Sampai saat ini masih dikerjakan dan sudah mencapai 70 persen.

Menurut Dandim, program ini masih mempunyai berbagai kendala. Seperti kondisi cuaca, kurangnya kesadaran masyarakat, serta wilayah yang sulit dijangkau.

Dikatakan Dandim, jumlah personel yang dikerahkan pihaknya sebanyak 300 orang, Namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan, yang melibatkan dari Kesatuan Arhanudse-15 dan Yonif 400/Raider.

Dari pantauan, sejumlah prajurit membantu warga untuk menggali lubang tanah untuk membuat jamban di rumah warga. Kemudian secara bersama-sama mengangkut plat-plat beton ke dalam mobil pickup bak terbuka agar segera didistribusikan yang digunakan untuk membuat jamban di rumah warga.

Sedangkan pembangunan jamban di kelurahan Rowosari, khususnya di wilayah RW 6 yang terdiri atas 4 RT, masih sebanyak 40 unit.