Jumat , 15 Desember 2017
Berita Terbaru
Home » Artikel » Memperingati Hari Juang Kartika, Prajurit Membersihkan Danau Rawa Pening
Memperingati Hari Juang Kartika, Prajurit Membersihkan Danau Rawa Pening

Memperingati Hari Juang Kartika, Prajurit Membersihkan Danau Rawa Pening

Ratusan prajurit Kodam IV/Diponegoro melakukan karya bhakti membersihkan danau Rawa pening yang berlokasi di desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Selasa (14/12).

Pembersihan danau seluas 2.600 hektar yang dilakukan prajurit mendapatkan dukungan dari para relawan. Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Joseph Robert Giri, S.I.P, M.Si pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa ada sekitar empat ekskavator yang setiap harinya bekerja membersihkan enceng gondok pun masih dirasakan tidak mampu untuk mengatasinya.

“Mudah-mudahan dengan dilaksanakan kegiatan pembersihan, ke depan akan mendapatkan porsi lebih”, ungkap Danrem 073/Makutarama.

Enceng gondok yang merupakan gulma dibersihkan dari Rawa Pening mengingat, lokasi tersebut adalah aset nasional yang membutuhkan perhatian lebih dari semua pihak. Dan apabila dapat dikelola dengan baik, maka akan menjadi tujuan wisata yang bisa diandalkan Kabupaten Semarang.

Selain membersihkan enceng gondok, para prajurit juga melakukan penanaman pohon di sekitar Rawa Pening guna mengembalikan ekosistem yang ada.

Rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Juang Kartika lainnya adalah bhakti sosial dengan pelaksanaan sunatan massal, donor darah dan pengobatan gratis di lapangan Pancasila, Salatiga.