Press ESC to close

Yonif 405/Surya Kusuma Menjalankan Tugas Mulia

Prajurit Batalyon 405/Surya Kusuma menjalankan tugas mulia sebagai Satgas Pamtas RI-PNG di Papua sektor Selatan menggantikan Batalyon 413/Kostrad. Pemberangkatan Batalyon 405/SK dilaksanakan dalam upacara yang dipimpin langsung Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi bertempat di Dermaga Tanjung Emas, Semarang (16/2).

Batalyon 405/SK menuju daerah penugasan menggunakan Kapal ABK KRI Tanjung Kambani, dan sesuai dengan rencana, akan bertugas selama 9 bulan.

Pangdam IV/Diponegoro pada pengarahannya, menegaskan kesempatan untuk melakukan tugas operasi merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi seorang prajurit ketika panggilan tugas itu datang. Karena tidak setiap prajurit memiliki kesempatan dan memperoleh kehormatan seperti yang kalian dapatkan sekarang.

“Hanya prajurit yang telah terlatih dan siap secara fisik dan mental yang dapat diberangkatkan ke medan tugas operasi”, jelas Mayjen TNI Jaswandi.

Dalam penugasan Yonif 405/SK, Pangdam memerintahkan kepada seluruh prajurit agar senantiasa waspada dan tidak lengah serta selalu melaksanakan disiplin tempur maupun disiplin perorangan di daerah penugasan.

Dari informasi-informasi yang didapatkan, daerah perbatasan Papua masih banyak menyimpan berbagai bentuk permasalahan yang belum bisa diselesaikan secara tuntas. Beberapa permasalahan yang perlu mendapat perhatian khusus adalah kasus keluar masuknya warga masyarakat secara ilegal, kasus penyelundupan barang dan senjata, termasuk beberapa tindak kriminal dan pencurian.

Diharapkan para prajurit tetap memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, dan harus tetap fokus dan konsentrasi dalam bertugas.

Selain tugas utama pengamanan, menurut Pangdam IV ada juga tugas tambahan yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menjadi guru pengajar bagi masyarakat di Papua.

“Tularkan ilmu pengetahuan yang kalian miliki agar mereka tidak ketinggalan dari saudara-saudaranya warga Indonesia di tempat lain”, ungkap Pangdam.

Tidak hanya berpesan kepada para prajurit yang akan bertugas, pada kesempatan tersebut Pangdam IV/Djuga berpesan kepada Kakorum untuk selalu memperhatikan kepentingan keluarga yang ditinggal tugas, agar mengisi kegiatan harian di satuan dengan hal-hal positif dan selalu berdoa seluruh prajurit yang ditugaskan dapat menjalankan tugas dengan baik dan selamat kembali ke satuan tanpa kurang suatu apapun.

Hadir pada acara pemberangkatan Yonif 405/SK, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni Supriyanto, Irdam IV/Diponegoro, para Asisten, Koorsahli, Pa LO AL dan AU, para Kabalak, Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro, Danlanal Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kasat Brimob Polda Jateng dan Walikota Semarang. Turut hadir Ketua beserta segenap pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/ Diponegoro.