Press ESC to close

Prajurit Kodam IV Memberikan Kontribusi Pada Tugas OMSP

Setiap prajurit harus senantiasa waspada dan siap siaga terhadap setiap kecenderungan situasi di wilayah masing-masing, sehingga dapat memberikan kontribusi dan tindakan yang diperlukan secara cepat dan tepat, baik dalam rangka tugas “Operasi Militer Selain Perang” (OMSP). Hal ini ditegaskan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi melalui amanat tertulis pada upacara bendera 17-an yang dibacakan Irdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Murlim Mariadi, bertempat di lapangan Makodam IV/Diponegoro.

Upacara tersebut diikuti oleh para pejabat dan seluruh prajurit serta PNS Jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Lebih lanjut dijelaskan, Pangdam menjelaskan untuk mendukung tugas OMSP, maka para prajurit harus dapat menjalin komunikasi yang harmonis dengan rakyat, sebagai landasan utama dalam memperteguh kemanunggalan TNI-Rakyat.
Satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu peningkatan disiplin, dedikasi, loyalitas yang tinggi untuk memperkokoh integritas bagi para prajurit dan PNS sebagai abdi negara.

Terkait dengan pelaksanaan pesta demokrasi berupa pemilihan kepala daerah secara serentak di 9 wilayah Jawa Tengah dan Darah Istimewa Yogyakarta beberapa waktu lalu, diharapkan para prajurit dapat menjaga netralitas dan tidak melakukan campur tangan terhadap proses yang masih dan sedang berlangsung.

“Sebagai alat negara, para prajurit Kodam IV/Diponegoro wajib menjaga netralitas, mengayomi dan menempatkan diri dengan baik diantara semua pihak yang sedang berkompetisi”, jelas Pangdam.

Kita patut bersyukur pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman, hal ini memberikan gambaran semakin tingginya partisipasi politik serta semakin dewasanya masyarakat dalam menyikapi dan menjalankan demokrasi yang telah menjadi pilihan politik utama dunia saat ini.

Diakhir amanat, Mayjen TNI Jaswandi berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS untuk terus meningkatkan pembinaan satuan melalui kepemimpinan lapangan yang efektif, serta memelihara dan merawat alutsista dan perlengkapan satuan, sesuai dengan prosedur, mekanisme dan dukungan anggaran yang tersedia.