Press ESC to close

Apel Dansat Kodam IV/Diponegoro, Merefleksi dan Membenahi Kinerja

Dalam rangka untuk melakukan refleksi evaluasi dan pembenahan kinerja para Komandan Satuan, Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan Apel Komandan Satuan. Apel yang diikuti 191 Perwira jajaran Kodam IV/Diponegoro ini dilaksanakan daerah latihan Meteseh, Tembalang, Semarang dan dibuka Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah (25/3/2017).

Para peserta yang mengikuti Apel Dansat diantaranya para Danden, Kasituud Balakdam, Kasiops Korem, Kasiops Brigif, para Kakanmitvet, Pasiops Kodim dan Batalyon, Danki Satpur, Danki/Danrai Satbanpur dan para Danton Satpur/Satbanpur.

Sementara itu, Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, saat membacakan amanat tertulis Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi menyampaikan, Apel Komandan Satuan ini merupakan forum diskusi para Komandan Satuan untuk membahas berbagai hal terkait dengan kepemimpinan, dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang terus berkembang. Dicontohkan, adanya identifikasi berbagai permasalah di satuan untuk merumuskan konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh Komandan Satuan.

Hal tersebut sejalan dengan tema Apel Dansat kali ini : “Melalui Apel Komandan Satuan Kodam IV/Dip TA. 2017 Kita Tingkatkan Pembinaan Satuan untuk membentuk Prajurit yang Kuat, Hebat dan Profesional dalam mendukung Tugas Pokok”.

Pada kesempatan ini, Pangdam berharap tema tersebut dapat melandasi dan dijadikan pedoman dalam setiap pembahasan Apel Dansat dan harus dipahami yang selanjutnya mengaplikasikannya guna mewujudkan prajurit yang kuat, hebat, profesional dan siap melaksanakan tugas pokok di satuan masing-masing.

Lebih lanjut dijelaskan terkait pelaksaan Pembinaan Satuan diantaranya bidang kesegaran jasmani yang prima bagi prajurit TNI, terwujud kebersamaan dalam satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro, sehingga tercipta soliditas, profesionalitas dan militansi yang kokoh dan kuat guna menyukseskan pelaksanaan tugas pokok.
Tak hanya itu, dalam Pembinaan Satuan juga harus mengembankan pemikiran yang kreatif dan cerdas guna mencari solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi satuan sehingga dapat mengikuti perkembangan lingkungan strategis guna mengetahui dan memahami persepsi ancaman, baik ancaman potensial maupun ancaman aktual yang terjadi.
Pembukaan Apel Dansat yang dihadiri para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro tersebut, akan berlangsung selama 3 hari. Para peserta akan mendapatkan materi ceramah dari para pejabat terkait, pelaksanaan garjas A dan renang militer, menembak pistol dan senapan, pembekalan taktik pertempuran serta evaluasi kegiatan.