Kamis , 24 Agustus 2017
Berita Terbaru
Home » Artikel » Mayjen TNI Tatang Sulaiman Jabat Pangdam IV, Menggantikan Mayjen TNI Jaswandi
Mayjen TNI Tatang Sulaiman Jabat Pangdam IV, Menggantikan Mayjen TNI Jaswandi

Mayjen TNI Tatang Sulaiman Jabat Pangdam IV, Menggantikan Mayjen TNI Jaswandi

Setelah sempat merangkap sebagai Pangdam IV/Diponegoro dan Pangdam Jaya, Mayjen Jaswandi melaksanakan serah terima jabatan dengan Mayjen TNI Tatang Sulaiman sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/242/III/2017,tanggal 31 Maret 2017.

Mayjen TNI Tatang Sulaiman sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda dan pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI.

Serah terima jabatan Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Jaswandi kepada Mayjen TNI Tatang Sulaiman dilaksanakan di Aula Jenderal Besar AH. Nasution Mabesad, Jakarta yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. (10/4/2017).

Pada pengarahannya, Jenderal TNI Mulyono menyampaikan Pergantian pejabat di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi guna pembaruan dan penyegaran pemikiran dalam rangka kemajuan organisasi. Tour of Duty dan Tour of Area juga merupakan proses untuk memberikan pengayaan dan pengalaman serta menjaga kesinambungan kepemimpinan di tubuh TNI AD, salah satunya adalah the right man on the right place atau menempatkan personel pada tempat dan jabatan yang tepat.

“Saya menaruh harapan yang besar kepada para pejabat yang baru, agar kehadirannya diiringi semangat untuk membangun dan meningkatkan kinerja organisasi serta membawa perubahan yang lebih baik”, tegas Kasad.

Terkait dengan bentuk ancaman yang semakin kompleks, maka Indonesia memerlukan TNI yang kuat dan profesional dalam membangun Bangsa, serta mampu menangkal setiap bentuk ancaman terhadap keselamatan Bangsa dan keutuhan NKRI. Hal ini mengingat Indonesia memiliki posisi geografis yang sangat strategis, kekayaan alam yang sangat besar serta kekuatan ekonomi yang tumbuh semakin besar.

Kasad berharap para Pangdam senantiasa meningkatkan kemampuan diri dan satuan jajarannya untuk melaksanakan pembinaan teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat. Khususnya dalam upaya meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mewujudkan kekuatan dan daya tangkal yang andal.

Selain mempersiapkan diri dalam menghadapi Operasi Militer Perang (OMP), Kodam sebagai bagian dari TNI AD juga melaksanakan tugas Operasi Militer selain Perang (OMSP) yang diantaranya mengatasi aksi terosime, menanggulangi bencana alam dan membantu tugas Pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Oleh sebab itu, Kodam harus senantiasa peduli dalam membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh pemerintah serta membantu pencapaian program-program pemerintah.

Pada kesempatan ini, selain serah terima Pangdam IV/Diponegoro juga dilaksanakan serah terima Pangdam V/Brw dari Mayjen TNI I Made Sukadana kepada Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., Pangdam IX/Udy dari Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., kepada Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., Pangdam IM dari Mayjen TNI Tatang Sulaiman kepada Brigjen TNI M. Fachrudin, S.Sos., dan Aster Kasad dari Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., kepada Brigjen TNI Widagdo H. Sukoco.

Usai melaksanakan serah terima jabatan di Jakarta, Pangdam IV/Diponegoro melaksanakan rangkaian kegiatan berupa penyambutan dan tradisi penerimaan pada Selasa (11/4/2017) oleh seluruh pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro dan anggota prajurit serta PNS Kodam IV/Diponegoro di Makodam IV/Diponegoro.