Press ESC to close

Kasdim 0713/Brebes Hadiri Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Otonomi Daerah

Brebes, Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-21, pemerintah Kabupaten Brebes melaksanakan upacara pada hari ini (25/4) yang bertempat di halaman Kantor Bupati Brebes. Upacara yang berjalan dengan khidmat ini dipimpin oleh Sekda Kabupaten Brebes H. Emastoni Ezam, SH, MH.

Tema Peringatan Otonomi Dearah tahun ini adalah “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government”. Tema ini memiliki 4 (empat) makna pokok yaitu Pertama Pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan public sesuai dengan kepentingan masyarakat. Kedua Upaya peningkatan kinerja pelayanan public harus dikelola berbasisi teknologi informasi dan komunikasi atau electronic-government, agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat, dan tepat tentang prosedur pelayanan public yang disediakan pemerintah daerah. Ketiga Ketepatan penyediaan pelayanan public berbasis electronic-government, membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur pemerintah daerah dan Keempat upaya peningkatan kinerja pelayanan public berbasis electronic-government akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintah daerah yang baik ( atau good local govermance ).

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka pelayanan public, telah diatur di dalam Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah, yang menegaskan bahwa Pemerintah daerah dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan public. Oleh karena itu, sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi

Adapun susunan pasukan upacara sebagai berikut 1 SST Pejabat Eselon 2 & para Kepala Dinas, 1 SST Kodim 0713/Brebes, 1 SST Polres Brebes, 1 SST Dishubkominfo Kab. Brebes, 1 SSR Satpol PP Kab. Brebes, 1 SSR Linmas Kab. Brebes, 1 SSR Damkar Kab. Brebes, 2 SST PNS jajaran Pemkab Brebes.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri RI yang dibacakan Sekda Kab. Brebes Emastoni Ezam, SH, MH menyampaikan Dalam pelaksanaan otonomi daerah, Pemerintah daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah. Saat ini Kementrian Dalam Negeri sedang mengembangkan ” Program Smart City atau Kota Pintar ” untuk memdorong setiap pemerintah daerah agar mengembangkan Elektronik – Goverment dalam menyediakan pelayanan publik. Program tersebut merupakan bentuk fasilitasi pemerintah pusat untuk memdorong pemerintah daerah dalam menongkatkan kinerja regional termasuk Masyarakat Ekonomi ASEAN, melalui pengelolaan potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh laporan masyarakat dan dunia usaha. Saat ini terdapat 542 daerah otonom yg terdiri dari 34 Provinsi, 415 Kabupaten dan 93 Kota. Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2015 ada sejumlah pemerintah daerah dengan capaian kinerja sangat tinggi, namun ada pula pemerintah daerah dengan capaian kinerja yang masih rendah.

Turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke – XXI Dandim 0713/Brebes yang diwakili Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad, Kapolres Brebes yang diwakili Kompol Cahyadi, Pejabat Eselon 2 Pemda Kabupaten Brebes, Para Kepala Dinas jajaran Pemda Kab. Brebes, Personel TNI/Polri, SKPD Kab. Brebes.