Press ESC to close

Satgas Yonif 405/SK Wujudkan Ketahanan Pangan Kampung Patriot

Bertempat di Kp. Patriot, Distrik Arimop, Kabupaten Boven Digoel, Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma bersama masyarakat melaksanakan penanaman jagung dan kedelai, pengobatan massal serta pemberian bantuan pakaian.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Boven Digoel, Dansatgas Yonif 405/SK, Wadansatgas, Kepala Dinas Pertanian serta seluruh elemen masyarakat Kp. Patriot.

Kegiatan diawali dengan penanaman jagung dan kedelai di lahan seluas 1 hektar yang dikerjakan oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK dan kelompok tani Banduma Patriot di bantu oleh warga.

Bibit jagung yang ditanam adalah jagung manis jenis bongsa yang masa panen ± 70 hari dan kedelai varietas grobogan yang masa panennya ± 90 hari.

Ketua kelompok tani Banduma Patriot Bp. Laurensius sangat senang atas bantuan dari anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK. “Kelompok tani Banduma Patriot saat ini yang hanya berjumlah 21 orang tidak akan mampu membuka lahan seluas itu. Tapi berkat bantuan anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK, akhirnya masyarakat yang tidak tergabung dalam kelompok tani juga ikut mempercepat pembukaan lahan”, ungkap Lourensius.

Selanjutnya kami mohon kepada Dinas Pertanian untuk membantu pengadaan pupuk Urea, SP3L dan Ponska untuk pemupukan, pinta Ketua Kelompok Tani Baduma Patriot.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kab. Boven Digoel Bp. Choerul Anwar menyampaikan agar warga Kp. Patriot menggali dan memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya, dan yang cocok di Papua wilayah selatan ini adalah sektor pertanian.

Pemerintah Daerah berharap masyarakat Kab. Boven Digoel untuk lebih produktif.
“Kalau hanya untuk mencukupi kebutuhan makan masyarakat tidaklah sulit mengingat Papua memiliki hutan yang luas, akan tetapi yang kita upayakan adalah sumber pendapatan masyarakat”, ungkapnya.

Wakil Bupati juga meninjau pengobatan masal yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 405/SK.
Selama ini anggota kesehatan Satgas Pamtas Yonif 405/SK melakukan pengobatan warga dari rumah ke rumah (door to door), namun kali ini pengobatan di fokuskan pada satu tempat.

Atas nama Pemerintah Daerah Kab. Boven Digoel, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang selama ini membantu Pemda dan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Masih ditempat yang sama Dansatgas Pamtas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S. I.P mengatakan “Kami datang untuk membantu Pemda dan masyarakat, bukan hanya di bidang pertanian saja, tetapi di semua lini”.

Mengakhiri rangkaian kegiatan, Pasiter Satgas Pamtas Yonif 405/SK Lettu Inf Wahyulianto secara simbolis menyerahkan bantuan pakaian dewasa dan anak-anak kepada sekertaris Kp. Patriot.