Selasa , 27 Juni 2017
Berita Terbaru
Home » Siaran Pers » Percepatan Luas Tambah Tanam di Ds Sidorejo Sukoharjo

Percepatan Luas Tambah Tanam di Ds Sidorejo Sukoharjo

Sukoharjo (30/5/2017) pukul 08.30 s.d 10.00 WIB bertempat di desa Sidorejo,Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo berlangsung kegiatan Percepatan Luas Tambah Tanam di Wilayah Kodim 0726/Sukoharjo. Acara bertempat di Kantor Desa Sidorejo Jl. Marto Sentono No. 33 Kec. Bendosari Kab. Sukoharjo yang di hadiri kurang lebih 80 orang.

Dalam kegiatan tersebut hadir pejabat dari pusat Catur Setiawan STP,MSI Ditjen Kementrian pertanian RI yang sebelumnya hadir dan disambut di Makodim 0726/Sukoharjo, hadir pula pejabat daerah Kabupaten Sukoharjo & para pejabat jajaran Kodim 0726/Sukoharjo, diantaranya :

Catur Setiawan STP,MSI Ditjen Kementrian pertanian RI
Ir. Netty Harjianti Kepala Dispertan Kab. Sukoharjo
Kapten Arm. Gunarjo Danramil 12/Bds
Kapten Moch. Aziz Yuli Anshoriy Pasi intel Kodim 0726/Skh
Sukito S.sos Camat Kec. Bendosari
Ir. Suratno Ketua UPTD Pertanian Kec. Bendosari
H. Suwanto Lurah Ds. Sidorejo
Maryadi ketua Kelompok tani Margo tirto Nugroho
Ketua P3 A Bpk Sumanto
Mulyono PPL Ds. Sidorejo

Acara didahului dengan sambutan Bapak Sukito S.sos Camat Bendosari, beliau mengatakan “Kegiatan ini adalah suatu program yang sangat bagus, dalam bertanam sebenarnya sudah terjadwal jelas, dan program ini akan kita laksanakan secara simbolis kemudian akan diikuti yang lain, menanam padi tidak boleh di lakukan sendiri sendiri, tetapi harus mengikuti jadwal yang sudah di tentukan dan untuk di wilayah sini pengairannya sudah sudah dengan cara irigasi teknis, dan untuk alsintan yang ada mari kita gunakan dengan baik”.

Sedangkan Kapten Moch. Aziz Yuli Anshoriy selaku Pasi intel Kodim 0726/Sukoharjo dalam sambutannya mengatakan, “Sebenarnya bapak bapak petani semua sudah piawai atau mahir dalam bercocok tanam karena dalam sejarah sebelum kemerdekaan bapak-bapak semuanya adalah bertani/bercocok tanam, tetapi untuk program ini kenapa di dampingi oleh bapak Babinsa padahal bapak Babinsa ini adalah anggota TNI, tetapi tidak ada istilah yang tidak mungkin, dengan dibekali ilmu mulai dari dinas pertanian maka bapak Babinsa sedikit mendapat ilmu untuk membantu bapak bapak petani”.

Beliau juga mengatakan lebih lanjut, “Kalau ketahanan pangan terpenuhi/tercapai maka Negara akan kuat, untuk posko sudah kami buat di lapangan Ds. Sidorejo, untuk program ini kita apresiasi dan kita suport, nanti kita lihat hasilnya agar bisa kita evaluasi, dan untuk alsintan, karena ini alat baru maka wajar kalau bapak bapak petani ada yang menerima maupun tidak, tetapi mari kita manfaatkan alat tersebut dengan sebaik baiknya”.

Pada sambutan yang ketiga sebagai penutup, Bapak Catur Setiawan STP,M.Si Ditjen Kementrian pertanian RI mengatakan,” Mudah mudahan di adakannya kegiatan di bulan Ramadhan ini dapat menambah pahala, program ini dilaksanakan secara serentak ( Nasional ) untuk wilayah Jawa Tengah ada 20 Kabupaten, kemudian dari target nasional dari 1,5 juta Ha, sudah terealisasi 1,4 juta Ha, sudah 93 % dan masih adayang kita kejar 7 % lagi. Untuk Provinsi Jateng targetnya 211.000 Ha yang terealisasi 123.000 Ha baru 58%, dan untuk Wilayah Sukoharjo dengan target 6.367.000 Ha baru terealisasi 2.824.000 Ha, masih di bawah realisasi Jateng”.

“Inilah yang melatar belakangi dan merupakan tindak lanjut pertemuan Pak Dirjen dengan Dandim se Jawa Tengah di Solo beberapa waktu lalu disepakati bahwa, harus ada gerakan agar terarah maka dibuat posko (pusat koordinasi) nanti di sana diharapkan ada inventarisasi setiap Kecamatan atau target Kecamatan, terealisasi Berapa targetnya berapa dan itu akan dilaporkan harian agar bisa terpantau dan itulah Harapan di dirikan posko”,pungkasnya mengakhiri sambutan.

Setelah acara sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman padi dengan menggunakan mesin transplanter, didampingi Pasi Intel Kodim, Danramil, Camat Bendosari dan Babinsa tampak Bapak Catur Setiawan STP,M.Si Ditjen Kementrian pertanian RI mencoba menggunakan mesin tersebut. Dengan diadakannya percepatan luas tambah tanam di Desa Sidorejo, kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo ini di harapkan tidak ada lahan yang tidak tertanami sehingga tercapai target yang sudah ditetapkan.