Sabtu , 18 November 2017
Berita Terbaru
Home » Siaran Pers » PRESIDEN RI : DENGAN PANCASILA, INDONESIA ADALAH HARAPAN DAN RUJUKAN MASYARAKAT INTERNASIONAL UNTUK MEMBANGUN KEHIDUPAN DAMAI

PRESIDEN RI : DENGAN PANCASILA, INDONESIA ADALAH HARAPAN DAN RUJUKAN MASYARAKAT INTERNASIONAL UNTUK MEMBANGUN KEHIDUPAN DAMAI

Hal tersebut disampaikan Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dalam sambutannya yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi selaku Irup pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas, Kamis (1/6).

Dalam sambutannya tersebut, Presiden Republik Indonesia mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme dan konflik sosial, terorisme hingga terjadinya perang saudara.

Dikatakan Presiden bahwa dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dapat menghindarkan Indonesia dari masalah-masalah tersebut. Sebab itu, Presiden berharap rakyat Indonesia dapat hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini.

“Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan”, terangnya.

Menyikapi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia mengajak kepada seluruh komponen bangsa dan komponen masyarakat untuk berperan aktif menjaga Pancasila.

Dikatakan bahwa pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan melalui ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan kuat, berbagai upaya terus dilakukan. Kita juga telah mengundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan”, terangnya.

“Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila”, pungkasnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945-1 Juni 2017 Korem 071/Wk diikuti para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk.