Sabtu , 19 Agustus 2017
Berita Terbaru
Home » Artikel » Puasa Bukan Penghalang Untuk Menjalankan Tugas Pokok
Puasa Bukan Penghalang Untuk Menjalankan Tugas Pokok

Puasa Bukan Penghalang Untuk Menjalankan Tugas Pokok

Memasuki hari ke-24 ibadah puasa Ramadhan, para prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro usai melaksanakan upacara bendera Hari Senin dilanjutkan dengan kegiatan Bintal Fungsi Komando dalam rangka pembinaan rohani Islam bertempat di masjid Al Firdaus Kodam IV/Diponegoro (19/6/2017).

Kegiatan Bintal Fungsi Komando kali ini dipimpin Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah dengan menghadirkan pembicara Drs. KH. Abdul Hamid dari Semarang.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman melalui Kasdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa puasa Ramadhan tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga melatih kita untuk menahan diri dari segala macam hal yang dapat merusak kesempurnaan puasa.

Lebih lanjut dijelaskan, puasa dalam kehidupan prajurit bukan menjadi penghalang untuk tetap melaksanakan tugas pokok dan latihan guna mencetak prajurit-prajurit dalam bidang fisik dan jiwa spiritual yang kuat, serta taat menjalankan ibadah.

“Dengan puasa dapat mengasah rasa kepedulian terhadap orang lain, sekaligus melatih kedisiplinan kita, karena Ramadhan merupakan bulan sangat mulia”, ungkap Pangdam.

Sementara itu, Drs. KH. Abdul Hamid dalam ceramahnya mengatakan bahwa puasa dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Dikatakan, memasuki 10 hari terakhir pada puasa bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar.

“Di dalam Al Qur’an digambarkan Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam ini diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur’an”, kata Drs. KH. Abdul Hamid.
Al Qur’an yang diturunkan merupakan kitab suci bagi umat Islam yang selanjutnya akan menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Bintal Fungsi Komando selain dilaksanakan oleh prajurit dan PNS beragama Islam, juga dilaksanakan oleh umat yang beragama Kristen, Katolik, Hindu dan Budha bertempat di Bintaldam IV/Diponegoro.