Jumat , 15 Desember 2017
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » DANDIM 0735 SURAKARTA MENGHADIRI APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN LEBARAN TAHUN 2017.
DANDIM 0735 SURAKARTA MENGHADIRI APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN LEBARAN TAHUN 2017.

DANDIM 0735 SURAKARTA MENGHADIRI APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN LEBARAN TAHUN 2017.

Surakarta,dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017  Komandan Kodim 0735 Surakarta Letkol inf Edwin Apria Candra S.E bersama dengan Anggota Kodim mengikuti Apel gelar pasukan operasi Ramadniya 2017 di wilayah hukum Surakarta yang dilangsungkan di lapangan parkir stadion Manahan. Ada sekitar 1.500 personel mengikuti apel tersebut,Senin (19/6/2017).
Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk pengecekan personil dan kesiapan sarana dan prasarana sebelum melaksanakan tugas di lapangan.dan juga mengantisipasi berbagai tingkat kerawanan yang mungkin terjadi selama Lebaran, dari mulai ancaman terorisme hingga kecelakaan lalu lintas.
Bertindak sebagai inspektur upacara Waka polda jateng Brigjen Pol Drs Indrajit, S.H, perwira upacara Wakapolres Surakarta AKBP Andi Rifai, sedang yang menjadi komandan upacara adalah kapolres Boyolali AKBP Aries Andhie.Apel gelar pasukan pengamanan di ikuti oleh TNI jajaran Surakarta, kepolisian jajaran Solo Raya, Ormas , satgas PDIP, Satgas MTA, Satgas LDII ( Senkom), Satpol PP dan pemadam kebakaran serta linmas.
Dalam amanatnya inspektur upacara membacakan amanat KAPOLRI yang intinya sbb:
Apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H,serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personil beserta kelengkapan sarpras sebelum menghadapi tugas pengamanan di lapangan.
Kegiatan pengamanan tahun ini,setidaknya ada 3 point utama yang menjadi perhatian Bapak Presiden RI ,yakni terjaganya stabilitas harga pangan,kondisi Kamtibmas yang kondusif,dan keamanan,kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik.Memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil.Upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan Kementrian / Lembaga terkait serta penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku penimbunan,pengoplosan,pemalsuan,maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya dan pelanggaran lainnya terkait dengan pangan.
Sedangkan untuk menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif,diperintahkan kepada Kasatwil untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional seperti Curat,Curas,Curanmor,Copet,Bius Hipnotis,dan Pencurian rumah kosong melalui peningkatan kegiatan Preventif dan Represif.Lakukan langkah deteksi dini terhadap kerawanan yang ada dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan Intelijen yang ada di lapangan.Berikan himbauan dengan Public Adres untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa waspada dan turut bersama-sama Polri dalam menjaga kamtibmas.
Berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas,saya menekankan agar seluruh personil bisa memberikan pelayanan secara all out.Berikan atensi penuh pada titik rawan laka dan rawan macet yang ada,terutama pada puncak arus mudik dan arus balik lebaran.
Selesai pelaksanaan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti miras hasil operasi kepolisian tahun 2017.