Press ESC to close

KODIM SRAGEN BEKERJA SAMA DENGAN DKK GELAR SOSIALISASI ODF

Kodim 0725/Sragen bekerjasama dengan DKK Kabupaten Sragen melaksanakan sosialisasi percepatan ODF (Open Defecation Free / Stop buang air besar sembarangan ) bertempat di Gedung Korpri Kab. Sragen, Rabu ( 21/6/17 ).

Dalam kesempatan tersebut Kasi Kesehatan Lingkungan DKK Kab. Sragen Bp., Mulyono, KM, KL mengatakan tentang perilaku buang air besar sembarangan, masyarakat tidak boleh buang air sembarangan, karena efeknya bisa menjadi sumber barbagai penyakit. Untuk itu harus digerakkan Stop Buang Air Besar Sembarangan. “Stop buang air besar sembarangan ini sebenarnya untuk menciptakan supaya masyarakat hidup sehat,”katanya. Upaya yang dilakukan, selain penyuluhan penyadaran perilaku buang air besar sembarangan, juga mengupayaan pengadaan jamban. Dikatakan, seharusnya tiap rumah memiliki jamban, namun jika dalam suatu tempat belum memungkinkan, maka bisa membuat jamban umum.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Babinsa di desa-desa sangat dibutuhkan untuk ikut memberikan penyadaran kepada masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan. “Orang buang air sembarangan itu kadang bukan karena tidak punya jamban atau tidak mampu membuat jamban, tapi karena perilaku yang dianggap biasa. Makanya perlu dilakukan penyadaran,”katanya