Press ESC to close

DANDIM SRAGEN HADIRI PERINGATAN NUZULUL QUR’AN TAHUN 2017 M/1438 H

Pada tanggal 20 Juni 2017 pukul 17.00 s.d 22.00 bertempat di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen telah dilaksanakan Buka Puasa Bersama dilanjutkan Sholat Magrib, Isya, Tarawih dan Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 2017 M /1438 H dengan pembicara KH. Fauzi Arkhan dari Salatiga yang diselenggarakan oleh Pemda Sragen yang dihadiri ± 500 orang.

Hadir dalam kegiatan Dedy Endriyatno,SE (Wakil Bupati Sragen), Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo, M.MDS (Dandim 0725/Sragen), AKP Dimas Bagus Pandoyo S.Pd (Mewakili Kapolres Sragen), Kapten CPM Yohanes Sigit (Dansubdenpom IV/1-4 Sragen), Mayor Inf Muhamad Isnaini (Wadanyonif Raider 408/Sbh), KH.Fauzi Arkhan (Pembicara dari Salatiga), Asisten 1,2,3 Setda Sragen, Wahyu Hidayat SH,MM (Inspektorat Kab.Sragen), Ahmad Nasirin (Kakemenag Sragen ), Slamet Riyadi SH. MH (Ketua PN Sragen ), Kh. Drs. Mahmudi (Ketua Baznas Sragen ), Muspika se Kab.Sragen, Ka Badan dan Kadinas se Kab.Sragen, Lurah/Kades se Kecamatan Sragen, Kepala Sekolah SMP dan SMA/SMK se Kab.Sragen, Kepala KUA se Kab. Sragen, Ketua Rt/Rw se Kecamatan Sragen serta Peserta dan tamu undangan lain.

Sambutan Dedy Endriyatno, SE (Wakil Bupati Sragen) : Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu dalam rangkaian kegiatan hari ini dari magrib sampai sekarang dan ibu Bupati meminta maaf karena tidak bisa hadir pada hari ini karena ada acara yang tidak bisa ditunda. Mari kita simak bersama-sama tausiah yang akan disampaikan oleh KH.Fauzi Arkhan, karena Al Quran adalah bagian dari hidup kita, kita tidak boleh menantang atas kebenaran Al Qur’an, jangan sampai kita meragukan apa yang telah diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, karena itu tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

Inti Tausiah yang disampaikan oleh KH.Fauzi Arkhan (Pembicara dari Salatiga) : Nabi Muhammad SAW ketika berdoa meminta 3 hal yaitu meminta jangan sampai orang Madinah itu miskin, berikanlah kemakmuran untuk Madinah, jangan sampai umatku itu bercerai berai, saling menyakiti. Apabila ada Kabupaten yang makmur berarti ada 4 unsur yang didalamnya, keempat unsur tersebut yaitu pendidikan ramai, Masjid ramai, Pasarnya ramai dan Kuburan ramai, apabila Pendidikan ramai berarti anak-anaknya berpendidikan baik dan maju, Masjid ramai berati banyak warga dan orang yang beriman, Pasar ramai berarti ekonomi daerah tersebut juga ramai, dan apabila Kuburan ramai berarti orang-orang banyak berbakti dengan orang tua. Manusia hidup di alam ini tidak boleh terlalu banyak mikir, karena allah menciptakan bumi dan semua makhluk itu dipanggil dan menyampaikan kepada makhluknya bahwa di dunia ini sudah ada yang mengatur, kecuali satu yang yang tidak bisa diatur adalah setan, tugas manusai itu hanya satu yaitu taat kepada allah, bagi yang mau meminta pertolongan pasti ia akan ditolong oleh allah, dalam semua agama pasti diberikan masalah dan ujian yang diberikan, 90 % dari penyakit manusia itu adalah pikiran bukan dari makanan, oleh karena itu makanlah ketika kita lapar dan berhentilah makan ketika sudah kenyang.

Bapak, ibu anak-anak kita cukup kita tinggalkan ilmu agar nantinya bisa mencari rejekinya masing-masing, jangan kita meninggalkan harta benda kepada mereka, karena harta benda bisa diambil oleh Allah SWT karena digunakan tidak sesuai dengan kegunaanya. Puasa, Sholat dan Dzikir kita bukan untuk menyenangkan Allah, akan tetapi untuk membantu kita untuk selalu mengingat Allah SWT dan bertaqwa kepadanya, kita sebagai manusia jangan hanya mengaji pada satu orang saja, akan tetapi kita bisa belajar dengan tokoh-tokoh lain, karena belum tentu tafsir Al Qur’an itu sama. Kalau orang ditandai kemuliaan oleh Allah berarti kita mempunyai suami/istri yang baik, karena kita menikah menginginkan keturunan yang baik yang sholeh dan sholekah, nabi mengatakan ibumu, ibumu, ibumu, kenapa seperti itu karena darah ibu kita mengalir dalam diri kita, sekuat-kuatnya laki-laki pasti masih kuat seorang ibu/perempuan untuk membesarkan anak-anaknya, maka perlakukanlah istri kita seperti bidadari maka kita akan diperlakukan seperti Raja dan jangan sampai kita menasehati anak-anak kita apabila kita belum memberikan rejeki halal anak kita, mendoakan anak dan menutup aurat anak kita, sayangilah anak dan istri kita karena rejeki kita adalah berasal dari anak yang sholeh/ sholekah dan istri yang sholekah.

Satu-satunya bulan paling sempurna adalah bulan Ramadhan, karena hari itu surga dibuka dan neraka ditutup oleh Allah, bidadari-bidadari diturunkan oleh Allah, setan-setan dibelenggu oleh Allah dan semua pahala umat manusia dilipatgandakan oleh Allah SWT, Satu-satunya Nabi yang bertemu allah adalah Nabi Muhammad yaitu diperintahkan oleh Allah untuk melaksanakan sholat untuk dirinya dan umatnya. Satu-satunya Mukjizat yang terbesar adalah Al Qur’an yang telah diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para Nabi, semua Nabi punya mukjizat masing-masing, akan tetapi Nabi Muhammad SAW diberikan Mukjizat Al Qur’an bukan hanya kepadanya akan tetapi kepada seluruh umatnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan penyerahan dana bantuan oleh Bp.Dedy Endriyatno,SE (Wakil Bupati Sragen) : Bantuan untuk modal usaha duafa kepada 152 orang masing-masing sebesar Rp.1.000.000,- yang diwakili Ibu Sugiyanti. Bantuan untuk ekonomi produktif sebanyak 146 orang masing-masing sebesar Rp. 3.000.000,- yang diwakili Ibu.Ninik.