Press ESC to close

FORKOPIMDA DEMAK CANANGKAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR)

DEMAK — Kasdim 0716/Demak Mayor Inf Harianto mewakili Dandim menghadiri kegiatan Pencanangan Imunisasi Measles Rubella (MR) bagi anak usia 9 bulan s/d 15 tahun tingkat kabupaten Demak tahun 2017 di Aula SMP Negeri 2 Demak, Selasa (8/8/2017) pagi.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Demak Bp. H.M. Natsir, MPd, Dandim 0716/Demak diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Harianto, Kapolres Demak diwakili oleh Dokkes Polres Aiptu M. Khasirin, Kajari Demak diwakili oleh Ibu Lilik Setyani, Wakil Bupati Drs.H. Joko Sutanto, Sekda Kab. Demak dr. Singgih Setyono, MMR, Asisten Setda Kab. Demak & Staf ahli bupati, Ka OPD se Kab. Demak, Perwakilan pelajar dari SMPN 2 Demak serta para tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Kadis Kesehatan Demak Bp. Guvrin Heru Putranto, SKm, MM menerangkan tentang apa itu Campak dan Rubella. Dalam penjelasannya bahwa Campak dan Rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella.

“Campak dan Rubella sangat menular. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit Campak dan Rubella akan beresiko tertular penyakit ini”, jelas Guvrin.

Oleh karena itu tugas pemerintah adalah membentengi warga masyarakat untuk melawan virus ini yaitu dengan melakukan imunisasi MR. Melalui Sekolah dan Posyandu, petugas Puskesmas mberikan imunisasi MR untuk anak usia 9 bulan s/d usia 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR pada bulan Agustus hingga September 2017.

Sementara itu Bupati Demak mengatakan bahwa pihaknya (Forkopimda Demak) sangat mendukung program pencanangan Imunisasi MR.

“”Ayo ! Lindungi diri kita dari bahaya penyakit Campak & Rubella, kesehatan sangat penting sekali bagi seluruh umat manusia, dan kekayaan tiada artinya bila tubuh kita tidak sehat”, kata M. Natsir

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan dan mendukung program-program yang dicanangkan pemerintah, karena program pemerintah pasti tujuannya baik yaitu demi menjaga kesehatan bagi semua warga negara Indonesia. “Mari kita sukseskan kampanye MR”, serunya.

Bupati Demak menambahkan bahwa kampanye berupa pemberian Imunisasi Measles dan Rubella serentak dalam dua tahap. Harapannya kampanye imunisasi MR serentak ini secara nyata akan memutuskan transisi penularan virus Campak dan Rubella secara cepat,’tambahnya.

Selanjutnya Bupati dan Forkopimda Demak secara resmi melakukan Pencanangan Kampanye imunisasi MR tahun 2017 ditandai dengan pemukulan gong. Kemudian dilakukan secara simbolis pemberian imunisasi kepada perwakilan siswa SMPN 2 Demak yang telah di tunjuk.