Press ESC to close

Pasiter Kodim Dampingi Bupati Demak Canangkan Kampung KB Tingkat Desa

DEMAK – Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Demak terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di RW 1 Ds. Tlogodowo Kec. Wonosalam tahun 2017, oleh Bupati Demak HM Natsir bersama BKKBN Prop. Jateng Agus Mujiono, Selasa (22/8).

Hadir dalam acara tersebut, Wabup Demak Drs. H Joko Sutanto, Dandim 0716/Demak diwakili Pasi Ter Kapten inf Mulyadi, Kapolres Demak diwakili Wakapolsek Wonosalam Ipda Guyub K, Kajari Demak diwakili ibu Lilis, S, SH, MH, Assisten II Windu Sunardi, SH, Kadinpermasdes P2KB kab. Demak H. Drs, Para Kades se Kec. Wonosalam serta Tomas dan Toga ds. Tlogodowo kec. Wonosalam..

Kadinpermasdes P2KB Kab. Demak H. Drs. Mohamad Ridwan, mengatakan, bahwa giat ini merupakan yang ke-6 di Kabupaten Demak, didanai oleh pemerintah pusat sebasar Rp. 15.000.000,-

“Kegiatan ini juga dilaksanakan giat akseptor KB sebanyak 40 orang dan sunatan masal sebanyak 5 anak dipilihnya Desa Tlogodowo sebagai kampung KB karena Desa ini memiliki jumlah penduduk yang kecil degan tingkat pernikahan dini yang cukup tinggi serta kesadaran mengikuti KB yang masih rendah,”kata Ridwan

Sedangkan Bupati Demak mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan.baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.

“Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” terangnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu,” lanjut Bupati.

Pencanagan ditandai dengan pemotongan pita dan Penyerahan SK Kampung KB dan penyerahan tanaman oleh Bupati Demak kepada camat.