Selasa , 24 Oktober 2017
Berita Terbaru
Home » Siaran Pers » Ingatkan Tentang Sejarah Jajaran Kodim 0734/Yka Gelar Nobar Nobar Film G 30 S/PKI

Ingatkan Tentang Sejarah Jajaran Kodim 0734/Yka Gelar Nobar Nobar Film G 30 S/PKI

Kodim 0734/Yka – Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E.,M.M. yang juga selaku Komandan Kodim 0734/Yogyakarta memerintahkan jajaran Koramil se Kota Yogyakarta untuk menggelar Nonton Bareng (Nobar) pemutaran film G 30 S/PKI di wilayah masing-masing yang terdiri dari 14 Koramil. Sabtu (23 September 2017).

Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan Bahwa Pemutaran film G 30 S/PKI merupakan perintah langsung Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Tujuannya aga masyarakat mengetahui sejarah bahwa pernah terjadi pergerakan Partai Komunis Inonesia (PKI) yang ingin merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1965. Dengan menonton film G30S/PKI, masyarakat pun bisa memiliki kewaspadaan jika PKI ingin eksis sebagai bahaya laten yang dapat merusak keutuhan dan tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemutaran film ini sekaligus juga mengingatkan kita akan Sejarah Kesaktian Pancasila dimana Pancasila telah berulangkali berusaha untuk digulingkan dan diruntuhkan namun sampai saat ini Pancasila tetap berdiri kokoh dan menjadi dasar Ideologi Negara yang sangat hakiki dalam mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

“Nonton bareng film ini merupakan sebagai pelajaran bagi generasi muda dan masyrakat, sebab pengkhianatan G 30 S/PKI ini sudah kejadiannya sudah 52 tahun yang lalu. Selain itu pemutaran film ini untuk mengetahui banyak nilai sejarah yang bergunabagi seluruh anak bangsa, khususnya para generasi muda.” Ujar Letkol Rudi Firmansyah.

“Mulai Rabu (20/9/2017) malam sampai dengan tanggal 30 September 2917 nanti, satuan jajaran Kodim 0734/Yogyakarta akan menggelar Nobar di lingkungan Jajaran Koramil yang ada di wilayah Yogyakarta. Puncaknya nanti, Kodim 0734/Yogyakarta akan menggelar Nobar pada hari Sabtu, tanggal 30 September 2017 jam 19.30 WIB di Kodim Makodim 0734/Yogyakarta,” ujar Mayor Munasik”.