Press ESC to close

WARGA TEMBUTKA DAPAT PELATIHAN EKONOMI KREATIF DARI SATGAS 405/SK

Boven Digoel. Beragam cara dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraaan masyarakat, cara yang dilakukan adalah memberikan pelatihan ekonomi kreatif kepada warga yang berada di daerah perbatasan RI-PNG wilayah Kabupaten Boven Digoel, Minggu (15/10/17)

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Pos-pos Satgas Pamtas Yonif 405/SK antara lain pelatihan pembuatan kurungan ayam, pembuatan piring berbahan lidi, pembuatan bingkai foto dengan memanfaatkan bekas bungkus rokok dan pelatihan menambal ban.

Pelatihan pembuatan kurungan ayam yang dilaksanakan oleh anggota Satgas kepada warga Kp. Tembutka, bertujuan agar ayam yang selama ini kurang terpelihara dengan baik, dapat dipelihara dengan lebih terawat dan hasil ternaknya dapat maksimal.

Begitu juga dengan banyaknya pohon sagu di daerah perbatasan, menginspirasi anggota Pos Upkim Satgas Yonif 405/SK untuk memberikan pelatihan membuat piring berbahan lidi sagu yang dapat digunakan untuk tempat menyajikan hidangan pada saat acara-acara pertemuan masyarakat.

Sedangkan pelatihan membuat bingkai foto diberikan kepada warga Kp. Umap, karena anggota Satgas melihat masyarakat perbatasan sangat konsumtif akan rokok, namun bungkusnya belum dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi kreatif. Anggota Satgas melatihkan cara merangkai bekas bungkus rokok menjadi kerajinan tangan berupa bingkai foto.

Begitu pula dengan tidak terdapatnya tempat tambal ban di daerah pedalaman, menyulitkan masyarakat untuk memperbaiki ban, bila ban mereka bocor. Mereka harus mengganti ban baru ke Kp. Mindiptana yang letaknya jauh dari kampung tempat mereka tinggal.

Melihat kondisi tersebut, anggota Pos Ninatie Satgas Yonif 405/SK memberikan solusi dengan menggelar pelatihan tambal ban supaya masyarakat dapat menambal ban sendiri sehingga tidak perlu lagi menggantinya dengan ban yang baru.

Masyarakat perbatasan RI-PNG sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan yang digelar oleh beberapa Pos Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma tersebut, pelatihan ini sangat menarik karena ketrampilan yang fiajarkan dapat menjadi salah satu peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Dansatgas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S. I.P menyampaikan, ”Satgas Yonif 405/SK akan terus berupaya untuk memberikan pelatihan ekonomi kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kualitas sumber daya manusia dan perekonomian warga di daerah perbatasan RI-PNG wilayah Kabupaten Boven Digoel dapat meningkat”.