Sabtu , 18 November 2017
Berita Terbaru
Home » Artikel » Kodam IV Wariskan Semangat Pahlawan, Melalui “Sekolah Terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegoro”
Kodam IV Wariskan Semangat Pahlawan, Melalui “Sekolah Terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegoro”

Kodam IV Wariskan Semangat Pahlawan, Melalui “Sekolah Terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegoro”

Dalam upaya turut menumbuhkan rasa cinta pahlawan dan mewariskan semangat Kepahlawanan, Kodam IV/Diponegoro memiliki peran yang sangat berarti sebagai pencetak sumber daya manusia yang handal yang akan menjadi agen pembangunan. Terlebih Kodam IV/Diponegoro penyandang nama besar Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro, merasa terpanggil untuk pembinaan generasi muda berkarakter yang berlandaskan pada nilai-nilai perjuangan Pangeran Diponegoro.

Sejalan dengan hal tersebut, maka Kodam IV/Diponegoro mencanangkan “Sekolah Terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegoro”. Pencanangan “Sekolah Terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegoro” yang diselenggarakan di SMAN 3 yang diikuti sebanyak 500 siswa dari 15 SMA Negeri dan Swasta di wilayah Semarang dan sekitarnya (10/112017).

Pada kesempatan ini, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan bahwa gagasan Sekolah Terbuka Kepahlawanan (STK) berangkat dari dasar kemanusiaan kita yang senantiasa gandrung pada kebaikan, kebenaran, keindahan dan pemulihan sifat-sifat insan manusia itu sendiri dan sebagai respon atas fakta sosial budaya yang melingkupi situasi nasional kita sebagai bangsa yang berdaulat.

Sekolah Terbuka Kepahlawanan mengandung prinsip “Pendidikan Bagi Semua” yang berarti bahwa Sekolah ini merupakan wahana bagi warga negara , semua lapisan masyarakat dan jenjang sosial memiliki kesempatan untuk menyatukan rasa pengorbanan, cinta tanah air dan keinginan luhur menjaga rumah Indonesia dengan semangat kebersamaan dan gotong-royong.

“Sekolah ini memiliki muatan-muatan yang memenuhi unsur edukasi, pelestarian nilai-nilai kepahlawanan, pemupukan jatidiri manusia dan keteladanan, yang disampaikan memallui cerita-cerita flash back sejarah epos, sama seperti julukan hartawan bagi orang yang mempunyai harta dan ilmuwan bagi mereka yang mempunyai ilmu”, jelas Pangdam.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bangsa Indonesia sedang membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka dan berdaulat, dan yang mensejahterakan rakyat.

Diharapkan dengan kegiatan ini, TNI, Pemerintah Daerah, sedenap aparat pemerintah dengan generasi muda dapat saling bekerjasama dalam menjalankan tugas membangun bangsa dan negara untuk lebih maju lagi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP melalui Kepala Bidang Pembinaan SMS Disdikbud Jateng Asih Widiastuti menyatakan bahwa Anak anak kita harus dibekali dengan nilai etika dan moralitas yang baik seperti semangat juang para pahlawan, jujur dan patriotik.

Kegiatan ini sangat sesuai karena para siswa mendapatkan pengetahuan tentang nilai nilai nasionalisme dan cinta tanah air. Gubernur mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan karya nyata.

Usai pencanganan, para siswa yang hadir menulis Surat Ucapan Terima Kasih kepada para Pahlawan dan Iffah Zulva salah satu perwakilan siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Semarang menulis tentang kepahlawanan.

Tak hanya itu, pada acara ini juga dilaksanakan Minum Air Mineral “Kepahlawanan” oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman yang diikuti para undangan dan seluruh peserta secara serentak sebagai simbol gerakan untuk meresapkan Semangat Nilai-nilai Kepahlawanan Pangeran Diponegoro.