Press ESC to close

KASAD : Memasuki Tahun Politik, TNI Tetap Netral

Bandung. Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2018 yang juga dikenal sebagai tahun politik. Pada tahun 2018 nanti akan digelar perhelatan akbar Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) secara langsung dan serentak Tahap ke III di sebagian wilayah Indonesia. Berbagai benturan kepentingan diperkirakan akan semakin tinggi intensitas dan eskalasinya serta sulit diprediksi, sehingga menyimpan potensi ancaman yang tidak kalah bahayanya bagi kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia, apabila tidak dikelola dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Kasad Kasad Jenderal TNI Mulyono saat memimpin upacara serah terima jabatan dilingkungan TNI AD di Makodam III/Siliwangi, Selasa (14/11/2017).

Lebih lanjut Kasad menekankan, memasuki tahun politik, TNI AD harus terus mawas diri dari kemungkinan terseret ke dalam politik praktis. Pada satu sisi, kita berbangga memiliki prajurit yang diminta untuk terjun dalam dunia politik, tetapi pada sisi lain, kita harus tetap netral dan menjadi institusi yang mampu mengawal proses demokrasi di Negara ini.

“Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 34 tentang TNI, agar sikap netralitas dan memegang teguh ketentuan demokrasi harus dijunjung tinggi, karena TNI hanya mengenal politik Negara”, tegas Kasad.