Press ESC to close

Perbaikan Tanggul Jebol Akibat Curah Hujan Tinggi

GROBOGAN, – Banjir yang melanda di derah Kabupaten Grobogan akhir-akhir ini membuat beberapa tanggul sungai jebol. Salah satu tanggul sungai yang jebol yaitu sungai tresek yang berlokasi di  Desa Tunggu, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin  (04/12/2017).

Puluhan anggota Koramil 06/Penawangan Kodim 0717/Purwodadi bersama masyarakat bahu-membahu bergotong-royong memperbaiki kembali tanggul yang jebol karena sungai tidak mampu menampung debit air yang begitu deras karena curah hujan yang sasngat tinggi.

Danramil 06/Penawangan segera memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan perbaiki tanggul yang jebol ini agar kembali normal.

“Mendengar kabar ada tanggul yang jebol, saya langsung memerintahkan anggota untuk bersama masyarakat memperbaiki tanggul tersebut. Besar harapan untuk mengantisipasi adanya banjir lagi agar tidak menggenangi pemukiman warga sekitar,” ungkap Danramil.

Sementara itu Bati Tuud Koramil 06/Penawangan Pelda Musir Purwanto yang memimpin langsung anggota Koramil mengatakan, merasa terpanggil untuk ikut membantu memperbaiki kembali tanggul yang jebol.

“Kami merasa terpanggil untuk segera membantu warga yang terkena musibah. Untuk tanggul yang jebol ini sepanjang 5 meter, kami tutup menggunakan ribuan sak karung yang diisi tanah. Setelah itu diperkuat dengan bambu dan diuruk tanah lagi. Harapannya hari ini dapat selesai,” terangnya.

Sedangkan mulai hari ini pula, pihak pemerintah Grobogan mendatangkan mesin eskapator agar dapat terselesaikannya perbaikan tanggul. Dikarenakan untuk saat ini cuaca masih tidak menentu.  Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Grobogan membuat debit air di saluran sungai tleser melampaui kapasitas saluran. Tanggul saluran air yang tak kuat menahan derasnya arus air akhirnya jebol.