Press ESC to close

Kodim Cilacap Tes Fisik Calon Satpol PP Pemerintah Kabupaten Cilacap

Cilacap – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Kodim 0703/Cilacap mengadakan tes fisik bagi calon anggota Satpol PP baru. Ujian ini digelar di Stadion Wijaya Kusuma, Kelurahan Kebonmanis, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Senin (04/12).
Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Rofiq Alfian membenarkan, “untuk tes fisik, Satpol PP Pemerintah Kabupaten Cilacap mendatangkan personel TNI dari Kodim 0703/Cilacap untuk menggembleng mereka. Tes fisik tersebut mencakup kesegaran jasmani (garjas) A dan B. Dalam tes garjas A, peserta harus berlari mengelilingi lapangan sepakbola selama 12 menit. “Idealnya harus mampu mengelilingi sebanyak enam kali.
Untuk tes garjas “B” meliputi push up, sit up dan kekuatan berapa kali bisa melakukan suttle run (lari membentuk angka delapan).” Ujar Kasdim.
Dari pantauan di lapangan, anggota Satpol PP ada yang kuat dan ada juga yang tidak kuat melakukan sit up dan push up. Namun mereka tetap semangat mengikuti tes fisik ini. Seleksi ini diharapkan nantinya akan tercipta Polisi Pamong Praja yang menguasai tugas dan menjadi garda terdepan penegak peraturan daerah melalui penerimaan yang bersih.
Selain itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Cilacap Dityasa Pradipta mengatakan, seleksi ini juga dilakukan secara obyektif dan transparan. “Yang kami butuhkan petugas yang profesional. Oleh sebab itu, proses seleksi penerimaan Satpol-PP dilakukan secara obyektif, maka kami juga libatkan BKD , Kodim 0703/Cilacap dan Dinkes Kabupaten Cilacap dalam seleksi kali ini,” ujarnya.
Jadi, tambah Rakhmadi, mereka yang nanti diterima harus siap bekerja dapat mendukung kuantitas dari personel yang sudah ada. “Kami harap dengan penambahan personel ini, kinerja lebih meningkat dan siap melaksanakan tugas pokok dan fungsi menegakkan Perda Pemerintah Kabupaten Cilacap.” pungkasnya.