Kamis , 19 April 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Koramil 11/Kraton Menjalin Tali Persaudaraan Dengan Komunitas Pemandu Pariwisata
Koramil 11/Kraton Menjalin Tali Persaudaraan Dengan Komunitas Pemandu Pariwisata

Koramil 11/Kraton Menjalin Tali Persaudaraan Dengan Komunitas Pemandu Pariwisata

Wilayah kecamatan  Kraton merupakan kawasan wisata seni dan  budaya di Yogyakarta. Hampir semua tempat di wilayah Kecamatan Kraton  merupakan destinasi wisata Domestik maupun Mancanegara  yang selalu di Kunjungi. Tak heran jika setiap harinya selalu ramai dengan para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kecamatan Kraton.

Pada kesempatan tersebut Bati Tuud koramil 11/kraton Kodim 0734 / Yogyakarta Peltu Yunianto  dan Babinsa Patehan Serda Mizan  menyambangi komunitas pemandu pariwisata Tamansari yang setiap hari berada di kompleks Water Castle area Tamansari (10/1/2018). Setiap harinya para pemandu wisata Water Castle berada di area wisata untuk memberikan informasi kepada wisatawan yang berkunjung.

Salah satu pemandu tersebut bernama Bachtiar atau sapaan akrabnya Inung warga Rw 09 taman kelurahan Patehan Kraton yang setiap harinya  menjadi pemandu wisata. Bagi Inung pekerjaan pemandu wisata merupakan pekerjaan sampingan, pekerjaan keseharianya adalah karyawan sebuah toko baju yang berada di Jln. Solo Yogyakarta. Hal tersebut dilakoninya untuk dapat menambah pendapatan bagi  keluarganya.

Bagi warga masyarakat di sekitar kompleks wisata Kraton, menjadi pemandu wisata merupakan pekerjaan yang menjadi pilihan. Tidak sedikit warga yang tinggal di area wisata menjadi pemandu, hampir semua mencapai 80 orang. Hal tersebut dikarenakan faktor pekerjaan yang di nilai menghasilkan uang tanpa harus jauh-jauh mencari pekerjaan di tempat yang lain dan sebagai pemberdayaan potensi ekonomi  wilayah.