Sabtu , 20 Januari 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Danramil Kota Cilacap : Sinergi, TNI-Polri Amankan Wilayah Binaannya
Danramil Kota Cilacap : Sinergi, TNI-Polri Amankan Wilayah Binaannya

Danramil Kota Cilacap : Sinergi, TNI-Polri Amankan Wilayah Binaannya

Cilacap – Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) melakukan kegiatan patroli bersama dalam melaksanakan tugas di wilayah binaan, Kota Cilacap, dalam mewujudkan kebersamaan dan sinergitas kemitraan.
Danramil 01/Kota Cilacap, Kodim 0703/Cilacap Kapten Kav. Nur Sohib Ansori di Kantor Kerjasama, Rabu pagi, (10/01/2018) mengatakan, Babinsa dan Bhabinkamtibmasakan terus bersnergi dalam menciptakan suasana keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga suasana tetap aman dan kondusif.
“Babinsa akan terus bersinergi dengan Bhabinkamtibmas untuk terus hadir di tengah masyarakat.  Dekat dan melekat dengan tokoh masyarakat di wilayah binaannya, agar tercipta rasa aman dan nyaman dalam lingkungan masyarakat,” jelas Serda Ismabto.
Serda Ismanto, personil Koramil 01/Kota Cilacap bersama dengan Aiptu Rizal, anggota Polsek Cilacap Selatan, melakukan kegiatan sambang desa dari pintu ke pintu rumah warga di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya ( Kelurahan  Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan), sebagai wilayah binaannya.
Tujuan sambang desa tersebut adalah untuk lebih mendekatkan diri antara petugas keamanan dengan masyarakat, sehingga berbagai aspirasi dan informasi terkait masalah keamanan dapat segera diketahui dan diantisipasi.
Sebutnya, Babinsa merupakan ujung tombak TNI di  lingkungan masyarakat tingkat Kelurahan.
Selain dituntut untuk mampu berbaur dengan masyarakat, Babinsa juga memiliki tugas  memberikan himbauan keamanan dan menjalin silaturahmi antar masyarakat agar tercipta rasa aman dan nyaman di wilayah  binaannya, ujar dia.
Menurut Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu Komandan Komando Rayon Militer (Dandim).
Secara pokok, tugas-tugas Babinsa meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.