Sabtu , 26 Mei 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Blusukan Dandim Brebes, Sambangi Poktan Sumber Jaya Bantarkawung
Blusukan Dandim Brebes, Sambangi Poktan Sumber Jaya Bantarkawung

Blusukan Dandim Brebes, Sambangi Poktan Sumber Jaya Bantarkawung

Brebes – Dandim 0713/Brebes Letkol Infanteri Ahmad Hadi Hariono bersama dengan Kabid Produksi Dintanhan Pangan Kabupaten Brebes Ir. Madyo Raharjo, melaksanakan blusukan di Dukuh Sawangan Desa Pangebatan dengan Gapoktan Sumber Jaya, di rumah Ketua Gapoktan H. Birin. Bantarkawung (1/2/2018).

Dalam tatap muka serta diskusi dua arah setelah pelaksanaan panen padi serempak secara simbolis di areal persawahan milik H. Birin, Ketua Gapoktan Sumber Jaya Dukuh Sawangan Desa Pangebatan tersebut, Dandim Hadi bersama dengan Kabid Produksi Dintanhan Pangan Kabupaten Brebes berkesempatan menanggapi kendala dilapangan yang dialami oleh Gapoktan Sumber Jaya. “Pihak kami bersama dengan instansi terkait serta Poktan itu sendiri akan berusaha mengatasi permasalahan utama para petani di Desa Pangebatan, yaitu tentang permasalahan irigasi yang belum dapat mengaliri areal persawahan secara maksimal yang dikarenakan pendangkalan saluran serta mampetnya irigasi akibat sampah, ini cukup memprihatinkan karena hampir 4 tahun ini para petani mendapatkan air untuk sawahnya dengan sawah tadah hujan dan belum dapat memaksimalkan air dari saluran irigasi, ini perlu kita carikan solusi bersama,” tandasnya.

“Mudah-mudahan dengan panen raya ini dapat menjadi modal awal bagi Brebes dalam mensukseskan swasembada pangan beras di tahun 2018. Saya sangat bangga dengan Gapoktan di Pangebatan serta warga Dukuh Sawangan yang masih mempunyai semangat yang tinggi dalam bergotong-royong baik dalam urusan dengan padi maupun sosial kemasyarakatan melalui kerja bhakti membangun rumah salah satu warga. Saya juga ikut bersyukur apabila harga gabah merangkak naik, sehingga para petani akan dapat merasakan kesejahteraan nantinya dan bukan hanya pedagang. Saya juga sangat berterimakasih atas sambutan hangat para warga dan Poktan Sumber Jaya dalam blusukan kami bersama rombongan kali ini,” pungkasnya.

Ketua Gapoktan Sumber Jaya Dukuh Sawangan Ahmad Faizin yang mewakili para petani menyampaikan bahwa “Saluran irigasi banyak yang rusak dan tidak lancar, banyak saluran air yang terdapat bangunan diatasnya serta penumpukan sampah di pintu-pintu air. Pola pertanian kami adalah pertanian organik, jadi kami sangat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan saluran air ini, serta mendapatkan bantuan berupa alat kelengkapan dalam menggarap lahan pertanian organik, terutama traktor pengolah lahan,”.

Dalam menanggapi permasalahan para petani, disamping Dandim 0713/Brebes, Kabid Produksi Dintan Kabupaten Brebes, Ir. Madyo Raharjo menyampaikan “Permasalahan yang telah disampaikan oleh para petani akan segera dilaporkan kepada Kadintan Brebes guna segera mendapatkan solusinya. Sebagai langkah awal pihaknya bersama dengan Babinsa Koramil 12/Bantarkawung dan Gapoktan Sumber Jaya akan segera berkoordinasi untuk melaksanakan karya bhakti pembersihan saluran irigasi dari sampah. Dintan Brebes tidak dapat bekerja secara maksimal jika tidak ada penyampaian dari para petani tentang permasalahan serta hal apa saja yang paling dibutuhkan petani. Untuk itu kami butuh masukan-masukan agar berbagai permasalahan dapat diatasi terutama dengan melibatkan Babinsa TNI Kodim 0713/Brebes, Babinkamtibmas serta para petani itu sendiri sebagai obyeknya. Hal ini agar mendukung serta menunjukan bahwa stok padi di Brebes terpenuhi, untuk perlindungan tanaman, perlu juga adanya proteksi dini agar penyakit tanaman padi dapat secara dini diatasi, lapor segera kepada pihak yang membidanginya jika ditemukan kendala tersebut,” bebernya.

Acara diakhiri dengan ramah tamah dilanjutkan Dandim 0713/Brebes yang didampingi dengan Danramil 12/Bantarkawung Kapten Armed Zaenal Abidin, Kepala BPP/Korpro Bantarkawung Raswanto, S.St, Ketua Gapoktan Sumber Jaya Dukuh Sawangan Desa Pangebatan Ahmad Faizin dan Babinsa Pangebatan, meninjau lokasi saluran irigasi yang dikeluhkan para petani tersebut.

Hadir dalam tatap muka bersama Poktan Sumber Jaya ini antara lain Kadintan Brebes yang diwakili Kabid Produksi Dintanhan Pangan Ir. Madyo Raharjo, Pasiterdim 0713/Brebes Kapten Inf. Sutarno, Camat Bantarkawung Drs. Gunarto, M.Si, Kapolsek Bantarkawung Iptu Ashari, SH, Danramil 12/Bantarkawung Kapten Armed Zaenal Abidin beserta para Babinsa, Kepala BPP/Korpro Bantarkawung Raswanto, S.St, Kades Pangebatan Irham Farisi, S.Pt, Kadus Sawangan Bambang, Ketua Gapoktan Sumber Jaya Dukuh Sawangan Desa Pangebatan Ahmad Faizin, Ketua P3A Pangebatan Syarifudin Hidayatullah serta para petani yang tergabung dalam Gapoktan Sumber Jaya.