Press ESC to close

Super Medical Camp Indobatt XXIII-L Idaman Masayarakat Lebanon

LEBANON. Pasukan Garuda Satgas Indobatt (Indonesia Battalion) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) dibawah pimpinan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto,S.I.P. menggelar pengobatan gratis skala besar terhadap warga Distrik Tulin dan sekitarnya di Lebanon Selatan, Senin (19/2/2018).

Kegiatan super medical camp yang digagas oleh Staf Cimic (Civil Military Coordination) Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil, dilaksanakan di kantor Kepala Distrik (Baladiyah) wilayah Tulin sangat diminati oleh masyarakat Lebanon. Karena selain memberikan pengobatan gratis, masyarakat yang berobat juga dihibur dengan pertujukan kesenian tradisional Indonesia berupa ‘Tari Piring’, yang dibawakan dengan anggun oleh Wanita TNI Satgas Indobatt. Selain itu, setiap pasien yang datang selalu disambut dengan ramah dan disuguhi berbagai macam snack asli Indonesia.

Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto didampingi Wadansatgas Mayor Inf Didiet Trilaksono berserta Perwira Staf turut mengatakan, kegiatan pengobatan gratis ini merupakan Program Cimic yang rutin dilakukan, namun untuk kegiatan di Distrik Tulin, kami buat dengan skala yang lebih besar.

“Sebetulnya kegiatan ini sudah rutin dilakukan, dan saya gak menyangka kalau animo masyarakat setempat sangat luar biasa,” terang Letkol Inf Arfan Johan Wihananto.

Ditempat yang sama Mr. Mahmoud Faddel Karim selaku kepala distrik juga menyampaikan tanggapan positifnya tentang kegiatan kemanusiaan ini. Kegiatan Cimic Indobatt selalu mendapat tempat dihati masyarakat kami, hal ini terbukti ramainya masyarakat yang datang, dan besar harapan kami semoga semakin merasakan indahnya arti perdamaian, ujar Mr. Faddel.

Sementara itu, dr Sherly sebagai dokter utama dalam kegiatan pengobatan gratis mengatakan bahwa sesuai data Tim Kesehatan Indobatt, sebanyak 219 warga Tulin yang tercatat ikut berobat. Mereka datang dengan bermacam keluhan seperti demam, pilek, batuk, gangguan pernafasan, sakit mata dan sebagainya. Dalam kegiatan super medical camp di Distrik Tulin ini, Tim Kesehatan Indobatt menyiapkan 2 (dua) orang dokter dan 8 (delapan) orang tenaga perawat, ungkapnya.

Kegiatan super medical camp Satgas Indobatt yang dihadiri perwakilan dari Sektor Timur Unifil, Lt. Col. Louis Fernando Perez Amo, LAF (Lebanese Armed Forces), Kepala Distrik Tulin Mr. Mahmoud Faddel dan tokoh masyarakat Tulin setempat, selain melayani pengobatan warga Tulin, namun juga melayani warga pengungsi dari Syria yang ikut berobat.