Press ESC to close

Kodim 0734/Yogyakarta Gelar Peningkatan Kemampuan Komsos Bagi Anggotanya

Kemampuan Babinsa saat ini sangat menentukan keberhasilan Pembinaan Teritorial. Dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa atau Kelurahan. Untuk mendukung hal tersebut, Babinsa perlu dibekali dan ditingkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

Mengingat pentingnya kemampuan komunikasi sosial yang harus dimiliki Babinsa, Kodim 0734/Yogyakarta menggelar kegiatan peningkatan kemampuan komunikasi sosial kepada prajurit TNI AD TA. 2018, yang diselenggarakan oleh Staf territorial Kodim 0734/Yogyakarta yang diikuti oleh sedikitnya 95 orang Babinsa dan para Danramil bertempat di Aula Kodim 0734/Yka. Senin (26/02/2018).

Kegiatan ini yang mengangkat tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Komsos Kita Wujudkan Prajurit Yang Profesional Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pembinaan Teritorial,” tersebut dipimpin Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E., M.M yang diwakili Kasdim 0734/Yka Mayor Inf M. Munasik, S.Ag.

Menurut Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E., M.M melalui Kasdim 0734/Yka Mayor Inf M. Munasik, S.Ag tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para Babinsa jajaran Kodim 0734/Yogyakarta dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa, sehingga nantinya para Babinsa akan memiliki kemampuan untuk memberikan pemahaman kepada komponen bangsa tentang tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Untuk itu lanjut Dandim, kemampuan Komsos merupakan rohnya Binter (pembinanan teritorial) mutlak dimiliki setiap prajurit dalam rangka mengambil hati masyarakat binaannya. Keberhasilan Binter sangat bergantung pada keberhasilan dalam melaksanakan komunikasi sosial.

Dandim juga mengharapkan para Babinsa mengerti dan paham tentang kebijakan-kebijakan bidang teritorial, sehingga dapat mengaplikasikan secara benar dalam berkominukasi dengan semua komponen bangsa yang berada di wilayah tanggung jawabnya.

Danramil 11/Kraton Mayor Inf Saidi sebagai pemberi materi pertama menyampaikan materi pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD di bidang teritorial. “Dalam mengantisipasi perkembangan global, perlu meningkatkan cegah dini, deteksi dini, lapor cepat dan juga meningkatkan 5 kemampuan teritorial sebagai bekal aparat kewilayahan melaksanakan tugas dalam memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat,” papar Danramil 11/Kraton.