Rabu , 19 September 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Kades Dawuhan Puji Peran Babinsa Dalam Pemberdayaan Padi Organik
Kades Dawuhan Puji Peran Babinsa Dalam Pemberdayaan Padi Organik

Kades Dawuhan Puji Peran Babinsa Dalam Pemberdayaan Padi Organik

Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P bersama PLT Bupati Banyumas dr.Budi Setyawan panen padi organik perdana di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas. Kamis, 8 Maret 2018. Turut hadir Kades Dawuhan, unsur Pemda Banyumas, swasta dan para petani di desa setempat.

Kades Dawuhan, Ibu Titi Bariah menuturkan, berdasarkan semple yang diambil dari kegiatan pengubinan sebelumnya, hasil per hektarnya mencapai 8,6 ton. Hasil yang sangat bagus dan meningkat dibandingkan pada musim tanam sebelumnya yang masih menggunakan pupuk kimia dan ongkosnya jauh lebih tinggi. Semoha pengalaman ini dapat menciptakan pola dan adat berpikir yang baru, bahwa dengan pupuk organik petani dapat menekan biaya operasional namun justru mampu meningkatkan pendapatan/hasil produksi.

Ditambahkan, bahwa pihaknya dapat memfasilitasi warga desa lainya di wilayah Banyumas yang ingin menggunakan pupuk organik seperti petani di desanya. Karena di Desa Dawuhan sudah memiliki kader kompeten yang sudah terlatih dalam mengolah pupuk organik.

Diakui Kades, pada awalnya kami menemui kendala, terutuma pola pikir masyarakat yang beranggapan bahwa pupuk organik itu identik dengan pupuk kandang, alias kotoran hewan ternak terutama sapi. Anggapan seperti seharusnya sudah diubah, karena pupuk organik yang dibuat di desanya saat ini menggunakan bahan baku tumbuhan yang semuanya ada di desanya, bukan dari sisa kotoran hewan ternak, imbuhnya

Kades yang masih nampak cantik, juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Babinsa Koramil 07/Banyumas yang bertugas di Desanya, Sertu Sarino yang dengan semangat, konsisten dan turut berjibaku membantu obsesi petani di desa Dawuhan untuk dapat menggunakan pupuk organik.

“Merubah kebiasaan lama menjadi kekinian yang lebih ramah lingkungan dengan penggunaan pupuk organik tanpa bahan kimia, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun berkat pendampingan dan ikhtiar Babinsa bersama warga, yang dilandasi keihklasan bekerja, berusaha untuk kebaikan bersama, alhamdulilah Tuhan merestuinya dan hasilnya bisa kita lihat sendiri”, ungkap Kades Dawuhan memuji Babinsa dan warganya.