Press ESC to close

Danramil 07/Maos Kerahkan Babinsa Wujudkan Masyarakat Sehat

Koramil 07/Maos terus berupaya wujudkan masyarakat yang sehat melalui program jambanisasi di Desa Ketanggung, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jum’at (23/3/18) .

“Jambanisasi ini kami laksanakan hampir di semua desa di wilayah Koramil 07/Maos”, ungkap Danramil 07/Maos Kapten Inf Joko Yunanto.

Lebih lanjut dijelaskan, Koramil 07/Maos membawahi dua Kecamatan, yakni Maos dan Kecamatan Sampang yang terdiri dari 20 desa. Pembangunan jamban semua kami kerjakan secara cuma-cuma yang dikerjakan bersama warga setempat dan dikomadoi oleh para Babinsa. Dan dengan telah dibangunya jamban, nantinya warga tidak BAB sembarangan, sehingga kesehatan masyarakat akan semakin baik dan kualitas hidup menjadi meningkat.

“Kita khawatir bila tidak ada jamban dan warga BAB sembarangan maka akan mudah terjangkit penyakit menular seperti diare dan muntaber”, terang Kapten Joko.

Sementara Kades Ketanggung Pramono mewakili warga Desa Ketanggun mengaku sangat bersyukur atas bantuan pembangunan jamban warga melalui program jambanisasi dari TNI melalui Koramil 07/Maos Kodim 0703/Cilacap.

“Jamban ini hadiah dari TNI untuk warga desa kami, saat ini hampir memasuki musim kemarau dimana aktivitas warga nantinya banyak di sungai, sehingga dengan telah dibangunnya jamban, rakyat semakin terbantu dan kedepan sungai disini akan tetap bersih dan masyarakat semakin sehat”, kata Kades Ketanggung Pramono.

Pembuatan jamban ini memang untuk memotivasi warga menjaga kesehatan lingkungan. Mengingat pentingnya pembuatan jamban dan untuk memberikan gambaran kepada warga, TNI langsung memberikan contoh bagaimana cara membuat jamban yang memenuhi standar sehingga layak digunakan, pungkas Kades.