Rabu , 19 September 2018
Berita Terbaru
Home » Siaran Pers » Babinsa Koramil 10 Batang Bantu Petani Ngolah Lahan Sawah

Babinsa Koramil 10 Batang Bantu Petani Ngolah Lahan Sawah

Batang, Jateng – Babinsa Koramil 10/Batang Serka Sugiono membantu Kelompok Tani Sido makmur membajak sawah seluas 0,5 hektar dengan menggunakan hand traktor, di Ds. Klidang Wetan,Kec.Batang senin (07/05/18)

Serka Sugiono mengatakan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk lebih cepat mengolah tanah yang akan ditanami,hal ini karena sifat fisik tanah yang semula keras menjadi datar dan berlumpur,”paparnya.

“Sebelumnya Kelompok Tani Sidomakmur menggunakan hewan sapi atau kerbau untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu pengolahan sawah,”imbuhnya.

Lanjut serka Sugiono “keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut tanaman seperti rumput dan sejenisnya akan mati dan menjadi nutrisi buat tanah tersebut.“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkapnya.

“Dengan menggunakan alat ini, dapat mempercepat pengerjaan, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dapat meningkatkan hasil panen dalam rangka mendukung Program Pemerintah Percepatan Luas Tambah Tanam dan ketahanan pangan nasional,” pungkasnya.