Sabtu , 20 Oktober 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Babinsa Koramil 20/Cawas Dampingi Petani Penyemprotan Atasi Hama Tanaman Padi
Babinsa Koramil 20/Cawas Dampingi Petani Penyemprotan Atasi Hama Tanaman Padi

Babinsa Koramil 20/Cawas Dampingi Petani Penyemprotan Atasi Hama Tanaman Padi

Klaten- Demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama tanaman Bintara pembina desa (Babinsa) Kedungampel Koramil 20 Cawas Kodim 0723 Klaten melaksanakan upaya khusus penyemprotan hama padi milik Saimin  kelompok tani Sri Rejeki di lahan seluas 1700 M²   di Desa Kedungampel, kecamatan Cawas Kabupaten  Klaten, Rabu (16/05/2018).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serka Didik Triyanta menjelaskan kepada petani cara melakukan penyemprotan yang tepat untuk membasmi hama Jamur/ BLASS yang menyerang tanaman padi.

Sebelum pelaksanaan penyemprotan hama BLASS/Jamur dimulai, Serka Didik Triyanta menyampaikan langsung di lapangan tentang pentingnya/keharusan membasmi hama BLASS yang menyerang tanaman padi karena hal tersebut dapat mengurangi jumlah produksi padi pada saat panen nantinya bahkan apabila terlambat melakukan penyemprotan bisa menimbulkan gagal panen.

Disela-sela kegiatan tersebut, Babinsa juga menyampaikan bahwa proses penyemprotan hama BLASS tidak cukup dilakukan hanya sekali akan tetapi harus selalu dilakukan pemantauan sehingga bila ditemukan lagi hama tersebut wajib dilakukan penyemprotan lagi

Menurut  Serka Didik Triyanta waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka, dikarenakan cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman padi, hingga masuk ke dalam lapisan jaringan.

“Menyemprot tanaman tidak melulu harus keseluruhan bagian tanaman, cukup dibawah permukaan daun, karena disinilah letak mulut daun berada,” tutur Didik.

Dikatakan oleh Babinsa  bahwa sekilas masalah penyemprotan tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun,

Babinsa berharap dalam penyemprotan jangan di campur dengan bahan   yang lain terkadang malah mengandung racun dan netral maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Bapak Saimin mengucapkan terimakasih kepada Babinsa atas kerja samanya selama ini dan atas pimbinganya yang sangat bermanfaat, mudah mudahan hama dapat teratasi dan nanti hasilnya bagus.ungkapnya.