Kamis , 16 Agustus 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Pentingya Antipasi Serangan Hama Padi
Pentingya Antipasi Serangan Hama Padi

Pentingya Antipasi Serangan Hama Padi

GROBOGAN– Mengingat pentingya tindakan antisipasi terhadap serangan hama padi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0717/14 Karangrayung Sertu Muzaedun melaksanakan aksi turun ke hamparen sawah untuk menyemprot tanaman padi milik pak Nyatmin(53) di Ds.Temurejo, Kec. Karangrayung, Kab. Grobogan, Rabu (23/5)

Para petani selalu berkomunikasi dan koordinasi  dengan Babinsa serta petugas penyuluh lapangan (PPL) terkait dalam meningkatkan swasembada pangan di desa tersebut, agar mancapai hasil yang maksimal dan sesuai harapan.

Serda Muzaedun mengatakan, bahwa tanaman padi merupakan komoditas utama di Indonesia. Sehingga, dalam perawatannya membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus.

“Para petani harus melakukan perawatan dan penyemprotan secara serentak dan berkala, hal ini dilakukan agar hama-hama akan segera  hilang dan mati tidak akan pindah kelahan milik petani laian,” ucapnya.

“Proses pengendalian hama tersebut sebagai antisipasi dan pengawasan terhadap serangan hama, kegiatan semacam ini harus dilaksanakan secara kontiyu untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Muzaedun.

Nyatmin(53) pemilik sawah mengatakan, para petani menyambut baik kehadiran Babinsa yang selalu memberi motifasi para petani dalam mengarap lahan, “Mengingat pentingnya pencegahan tanaman padi dari ganguan serangan hama, seperti hama belalang, werreng coklat, sundep, tikus dan hama laianya,” tuturnya.