Sabtu , 21 Juli 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Berkat Babinsa, Hasil Panen Petani Mlopoharjo Memuaskan
Berkat Babinsa, Hasil Panen Petani Mlopoharjo Memuaskan

Berkat Babinsa, Hasil Panen Petani Mlopoharjo Memuaskan

Keberadaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di tengah-tengah masyarakat sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani. Mulai dari penyiapan lahan hingga panen padi, Babinsa selalu ada mendampingi petani. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan dan menyukseskan program Swasembada Pangan.

Pangan merupakan kebutuhan mendasar yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, Babinsa sebagai ujung tombak dalam mewujudkan ketahanan dan pertahanan nasioanal bekewajiban untuk menjaga dan mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 10 /Wuryantoro Kodim 0728/Wonogiri. Mulai dari penyiapan lahan, penanaman hingga panen mereka selalu ada bersama para petani. PSada panen kali inipun, Babinsa Mlopoharjo Serda Rukimin bersama dua rekannya turut serta mendampingi dan membantu memanen padi. Pada Rabu (11/7), bertepatan panen di lahan milik Bapak Sadino di Dusun Mlopo Desa Mlopoharjo Kecamatan Wuryantoro,

Bapak Sadino menuturkan, sesuai arahan pak Babinsa dan PPL dinas pertanian, di lahan seluas ± 3 hektar ini kami tanami padi jenis “Sunggal”. Dalam satu hektarnya mampu menghasilkan ± 4 ton per hektar, memang agak menurun, karena kesulitan air, namun demikian haslnya masih memuaskan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Koramil 10/Wuryantoro khususnya Babinsa Mlopoharjo, telah banyak membantu kami mulai dari penyiapan lahan, penanaman panen. Pak Babinsa selalu ada dan mendampingi kami agar tanaman padi kami dapat tumbuh subur dan hasilnya memuaskan”, ujar Sadino.

Sementara itu, Babinsa Desa Mlopoharjo Serda Rukimin mengatakan, sebagai aparat teritorial berkewajiban untuk mengajak dan mendorong para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam khususnya padi. Hampir seluruh masyarakat di Wonogiri, saat sekarang ini makanan pokoknya adalah nasi beras. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut hanya bisa dipenuhi bila para petani mau untuk menanam padi, imbuhnya.