Rabu , 19 September 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Tak Mau Warga BAB Sembarangan, TMMD Bangun Jambanisasi
Tak Mau Warga BAB Sembarangan, TMMD Bangun Jambanisasi

Tak Mau Warga BAB Sembarangan, TMMD Bangun Jambanisasi

Masih adanya masyarakat yang Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Tim Satgas TMMD ke 102 Kodim 0728/Wonogiri membangun jamban (Jabanisasi) untuk masyarakat Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh S.Sos. MH selaku Dansatgas menjelaskan tujuan dari jambanisasi tersebut dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki jamban sehat. Melalui pembangunan jambanisasi ini, masyarakat diharapkan mau merubah kebiasaan BAB sembarangan menjadi terbiasa hidup sehat.

Ditambahkan Dandim masih ada sebagian masyarakat di kawasan ini yang menjadikan hutan sebagai tempat untuk buang hajat. Tentu hal ini sangat berbahaya, karena akan akan menjadi sumber penyakit dan lingkungan menjadi tidak sehat.

“Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan dan kebiasaan ini harus kita rubah, salah satunya dengan kita bangunkan jamban”, tegasnya.

Selain jambanisasi, TMMD di Desa Sukoharjo juga mengerjakan sasaran fisik berupa cor/rabat jalan, rehab PAUD, pembangunan Talud jalan, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), pembangunan gorong-gorong.

Slamet Hartoyo, salah satu warga Dusun Dadapan Desa Sukoharjo menyambut baik jambanisasi di Dusun Pule Rt 02/05, dimana Satgas TMMD juga telah membangun septitank berukura 2 × 3 meter dengan kedalaman 2 meter, menggunakan buis beton diameter 1,20 meter.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih kepada TNI yang telah peduli membantu warga membuatkan jamban, sehingga kami tidak lagi membuang air besar ke hutan. Pembangunan jamban ini sudah lama kami inginkan, berkat TNI kini jadi kenyataan”, ungkap Hartoyo bergembira.