Press ESC to close

Tanamkan Nilai Nasionalisme Sejak Dini Daramil 20 Cawas Berikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara

Klaten – Danramil 20 Cawas Kapten Inf Ghofar Afrozi memberikan pembekalan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 431 Siswa dan Siswi SMA Negeri 1 Cawas dalam rangka antisipasi ancaman masa depan bagi generasi muda bertempat di Aula SMA N 1 Cawas Kabupaten Klaten. Rabu (18/7/2018)

Danramil 20 Cawas Kapten Inf Ghofar Afrozi mengatakan, kondisi wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini, Apalagi dihadapkan dengan era globalisasi saat ini semakin banyaknya ancaman multi dimensi yang tidak kelihatan serta berkembangnya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah di wilayah NKRI.

Oleh karena itu kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wawasan Kebangsaan / Bela Negara sejak dini ini. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia, kata Danramil 20 Cawas

Danramil 20 Cawas juga  menjelaskan tentang  4 Pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta 3 Unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

Rasa kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara negara-negara di dunia.

Paham kebangsaan merupakan Komitmen bersama yang benar-benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan.

Sedangkan Semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara Rasa dan Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman, Jelasnya.

Di akhir  penjelasanya Danramil mengajak kepada siswa dan siswi harus memiliki wawasan yang luas dan rajin dalam belajar raih pendidikan setinggi mungkin agar dapat memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara, paling tidak dapat mengisi Kemerdekaan RI, Pungkasnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cawas Drs. Sahono Spd. MM menyampaikan banyak terimakasih kepada Danramil Cawas bersama anggotanya yang telah memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan  dan bela negara, Ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi PBB dan seleksi Paskibra di lapangan Desa Tugu.