Press ESC to close

Babinsa Hargomulyo Kokap Kulon Progo Bantu Petani Tanam Jagung

(Kokap, 8/8/18).   Pasca panen padi Musim Tanam II di lahan pertanian Dusun Banjaran, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, para petani mulai dengan menanami lahan pertanian mereka dengan tanaman jagung. Jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang termasuk dalam Program Upsus Pajale, dalam rangka swasembada pangan menuju ketahanan pangan.

Kopda Sugianto, Babinsa Hargomulyo, Koramil 03/Kokap Kodim 0731/Kulon Progo, pada Hari Senin (6/8), melaksanakan pendampingan dan membantu petani menanam jagung.   Pada kesempatan ini pendampingan dilakukan di Anggota Kelompok :Tani “Sridadi”, dusun Banjaran, lahan milik Bapak Sawon. Lahan Kelompok Tani memiliki luas lahan 957 meter, yang berada di bagian selatan wilayah Koramil 03/Kokap.

Proses penanaman jagung lebih efektif apabila dilaksanakan bertiga, satu orang membuat lubang dengan cangkul, satu orang membuat lubang dengan ponjo/kayu yang dibuat runcing ujungnya dan satu orang lagi memasukkan benih jagung ke lubang tersebut.    Satu lubang biasanya diisi benih jagung sebanyak empat biji, tambah Koptu Sugianto.