Minggu , 21 Oktober 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Babinsa Candingasinan Terjun Langsung ke Sawah Bantu Panen Padi
Babinsa Candingasinan Terjun Langsung ke Sawah Bantu Panen Padi

Babinsa Candingasinan Terjun Langsung ke Sawah Bantu Panen Padi

Purworejo – Babinsa Koramil 04/Banyuurip jajaran Kodim 0708/Purworejo Kopka Sugiyono, ikut terjun langsung ke sawah dalam membantu panen tanaman padi kelompok tani Ngudi Makmur di desa Candingasinan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (08/08/2018).

Panen padi kali ini merupakan panen padi tahap II dan sudah memasuki musim kemarau, walau dalam keadaan curah hujan yang sedikit hasil panen padi tahap II ini masih tergolong bagus.

Sunarwan ketua kelompok tani Ngudi Makmur menjelaskan, dengan pendampingan Babinsa dan PPL para anggota kelompok tani menjadi tertib dan terarah dalam pelaksanaan tanam padi, karena mulai awal pemilihan benih sampai menjelang panen serta pelaksanaan panen selalu diberi sosialisasi tentang cara dan tahapan yang benar tentang pemilihan benih, olah lahan, penanaman, perawatan, serta cara penanggulangan hama.

” Pemilihan benih, cara olah lahan, serta masa tanam yang tepat, sangat menentukan keberhasilan dalam bercocok tanam dan hasil panen nantinya,” jelas Sunarman.

Kopka Sugiono menambahkan, sebenarnya para petani sudah menguasai ilmu tentang pertanian melalui orang tua sebelumnya serta pengalaman langsung selama bergelut dengan pertanian, tapi cara bercocok tanam dengan cara konvensional/tradisional itu perlu digabungkan dengan cara yang modern.

” Diharapkan dengan memadukan cara bertani secara konvensional/tradisional dengan cara modern, hasil panen akan lebih baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan warga dan secara tidak langsung mendukung program pemerintah tentang Swasembada Pangan Nasional,” pungkasnya.