Press ESC to close

Pemecahan Rekor MURI Tari Gemu Famire, 8.000 Orang Padati Simpanglima

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi, mulai dari kuliner, musik hingga tari yang tersebar dari sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga Dana Rote.

Kekayaan bangsa yang tak ternilai tersebut harus kita lestarikan dan kita jaga agar dapat terus berjaya bersama derasnya arus budaya asing yang masuk melalui media informasi.

Sebagai wujud nyata dalam melestarikan dan menjaga kearifan budaya bangsa, dan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Selasa 4 September 2018 menggelar pemecahan rekor MURI Tari Gemu Famire secara serentak dan secara masal di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya pemecahan rekor MURI tersebut, diharapkan tarian asli Maumere Kab. Sikka Flores Nusa Tenggara Timur ini menjadi lebih dikenal masyarakat Indonesia khususnya dan dapat merambah ke berbagai penjuru dunia (mendunia).

Untuk wilayah Jateng dan DIY, digelar di 5 tempat yakni Lap. Wijayakusuma Purwokerto, Lanud Adi Sucipto Yogyakarta, Lanud Adi Sumarmo Surakarta, Lap. Jend. Sudirman Ambarawa dan Lap. Simpanglima Semarang.

Sejak pukul 06.00 WIB kurang lebih 8.000 orang gabungan TNI, Polri, PNS PNS TNI, Dharma Pertiwi, FKPPI, PPM serta Pelajar/Pramuka.Pelajar dan masyarakat turut ambil bagian pemecahan rekor MURI di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang.

Acara yang dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., Wali Kota Semarang Hendi Prihadi, pejabat Forkopimda ini, juga diramaikan dengan demonstrasi seni bela diri Kera Sakti yang dipimpin Lettu Ctp Agus.

Jumlah peserta secara keseluruhan (se-Indonesia) mencapai 305 ribu orang dan
wilayah Kodam IV/Diponegoro sendiri sebanyak 24.000 orang. Wilayah Korem 071/WK Purwokerto 3.500 orang, Korem 072/Pmk Yogyakarta 6.000 orang, Korem 073/Mkt Salatiga 3.000 orang dan Korem 074/Wrt Surakarta 3.500 orang serta wilayah Semarang sebanyak 8000 orang.

Dengan jumlah peserta yang mencapai 305 ribu tersebut, berhak memperoleh piagam penghargaan pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI), dan penyerahan piagam penghargaan langsung diberikan oleh Ketua MURI Bpk Jaya Suprana kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Selasa (4/9) seusai acara.

Ayo cintai dan lestarikan budaya bangsa sebagai alat pemersatu bangsa mulai dari sekarang dan mulai dari diri kita. “Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak mulai sekarang kapan lagi”.