Rabu , 24 Oktober 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Serda Harih Suwargi Ajak Petani Tanam Bawang Merah
Serda Harih Suwargi Ajak Petani Tanam Bawang Merah

Serda Harih Suwargi Ajak Petani Tanam Bawang Merah

Cilacap – Babinsa Koramil 15/Karangpucung Serda Harih Suwargi bersama PPL Kecamatan mengajak para petani untuk menanam bawang merah. Hal itu dispaikannya saat melaksanakan Sosialisasi Tanam Bawag Merah di Dusun Banjarwaru Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung, Senin (8/10).

Sosialisasi itu dilaksanakan sebagai tindaklanjut percobaan tanam bawang merah beberapa waktu lalu yang ternyata dapat menghasilkan lebih dari 400 Kg bawang merah. Hal ini menjadi pemacu semangat para petani, Babinsa dan juga PPL untuk melanjutkan tanam bawang merah yang juga merupakan program upaya khusus Pemerintah di tahun 2018 yaitu Pajale dan Babe.

Dengan kondisi alam dan cuaca wilayah Kecamatan Karangpucung yang dianggap tidak sesuai untuk menanam bawang merah, kegiatan sosialisasi awal ini tetap diteruskan oleh Babinsa bersama PPL Kecamatan Karangpucung khususnya kepada dua kelompok tani yang ada di Desa Sindangbarang yaitu kelompok tani “Sendang Mulya” dan kelompok tani “Rukun Agawe Sentosa”.

Kelompok tani Rukun Agawe Sentosa ini sebagai percontohan tanam bawang merah yang dianggap sudah mampu mengatasi kendala di lapangan sehingga telah berhasil memanen bawang merah. “Sementara baru dua kelompok tani yang kami sosialisasikan untuk tanam bawang merah, salah satunya merupakan kelompok tani yang kemarin sudah berhasil panen bawang merah.” terang Serda Harih

Dia berharap untuk selanjutnya akan ditularkan kepada kelompok-kelompok tani yang lainnya agar juga dapat berkembang. “Jika hasil selanjutnya lebih memuaskan maka akan dilakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok tani lainnya agar mereka juga dapat berkembang tidak hanya menanam Pajale saja,” tandasnya

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Kepala Desa Sindangbarang, Rusilam. Kepada Babinsa dan PPL, Rusilam mengucapkan terimakasih atas pendampingan selama ini yang dilakukan terhadap para petani dalam memanfaatkan potensi pertanian di desanya. Dia menilai dengan adanya pendampingan yang terus-menerus, dirinya yakin hasil panen para petani akan semakin meningkat.