Jumat , 22 Juni 2018
Berita Terbaru
Home » Berita Satuan » Koramil 10/Gantiwarno Babinsa Kragilan Basmi Hama Padi Dengan Alat Handsprayer Dalam Rangka Pendampingan Upsus
Koramil 10/Gantiwarno Babinsa Kragilan Basmi Hama Padi Dengan Alat Handsprayer Dalam Rangka Pendampingan Upsus

Koramil 10/Gantiwarno Babinsa Kragilan Basmi Hama Padi Dengan Alat Handsprayer Dalam Rangka Pendampingan Upsus

KLATEN.Program Pemerintah dalam peningkatan hasil pertanian menuju swasembada pangan, tidak hanya sekedar program Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah menggandeng TNI. Di lapangan, TNI melalui  Bintara Pembina Desa (Babinsa) ikut mengawal dan mendampingi petani, mulai dari proses olah tanam hingga panen. Seperti yang dilakukan Babinsa Karangturi Koramil 10/Gantiwarno, Sertu Tri Sukowono, dalam membantu penyemprotan hama tanaman padi milik petani di wilayah Desa Karangturi, Senin(28/05/2018).

Menurut Sertu Tri Sukowono, tindakan ini dilakukan terkait dengan ditemukannya indikasi tanaman padi terserang hama ulat dan wereng, yang menyerang tanaman padi milik para petani. Kegiatan penyemprotan pestisida untuk membasmi hama ulat dan wereng ini, dilakukan di areal sawah milik petani Sutopo, di Desa Karangturi Kecamatan Gantiwarno Klaten.

Tri Sukowono menambahkan pendampingan penyemprotan ini dilakukan guna menghindari merebahnya hama padi di wilayahnya, sehingga diharapkan nantinya mendapatkan hasil panen yang bagus sesuai dengan yang ditargetkan, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan kelompok tani “Makmur” Desa Karangturi.

“Tahap awal, dilakukan penyemprotan pada lahan sawah seluas 0,3 Ha. Tujuannya, untuk mengantisipasi secara dini, agar hama ulat dan wereng tidak meluas serangannya, dan tanaman padi milik petani dapat terselamatkan dari gangguan hama tersebut,” terang Tri Sukowono.

“Ini dilakukan untuk membantu petani mengatasi kesulitan, dengan adanya bantuan kepada para petani, diharapkan dalam penjualan hasil panennya nanti tetap bekerjasama dengan Babinsa, untuk dijual ke Bulog,”tambahnya.