Press ESC to close

Kodim 0705 Magelang Bersama Ratusan Santri Bandongan Ikuti Murajah 171717

Magelang – Kodim 0705/Magelang menggelar doa bersama 171717 di Masjid Pondok Pesantren Ma’ahidul Irfan, Gandusari Bandongan Magelang. Kamis (17/8).

Doa bersama yang diikuti oleh anggota TNI, masyarakat serta ratusan santri dipimpin oleh pengasuh Ponpes Ma’ahidul Irfan, KH. Ali Moenif Khustolani.

Sebelum doa dimulai, Komandan Koramil 03 Bandongan Kodim 0705/Magelang, Kapten Kav Winarto memberikan sambutan maksud dan tujuan digelarnya doa bersama.

Kegiatan  yang selenggarakan pada  sore hari  ini,  merupakan ungkapan  rasa syukur kita kepada Tuhan Yang   Maha  Kuasa atas  rahmat-Nya  yang  telah  mengkaruniai Bangsa  kita dengan  kemerdekaan,  sebagai puncak  dari  perjuangan  yang  dikobarkan oleh  para  pendahulu  kita.  Sebuah perjuangan  yang  sangat  panjang  dan  tidak mengenal  lelah  dengan  pengorbanan yang  luar  biasa  besar,  tidak  hanya  harta dan tenaga, melainkan juga  jiwa dan  raga.   Kegiatan  ini  juga  sekaligus  sebagai bentuk  penghormatan  kita  kepada  para pahlawan,  karena  kita  percaya  bahwa Bangsa  yang  besar  adalah  Bangsa  yang menghormati  sejarahnya  dan  menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Oleh karenanya,  melalui  do’a  bersama  ini      mari  kita  memohon,  semoga  Tuhan     Yang  Maha  Esa,  menempatkan  kusuma Bangsa  tersebut  dengan  penuh  kemuliaan di  sisi-Nya.

Dalam  72  tahun  perjalanannya,  sebagai Negara  dan  Bangsa  yang  merdeka,  kita tentu  menghadapi berbagai persoalan.    Saat inipun  kita sedang  dihadapkan  pada  situasi keprihatinan  atas  kecenderungan terjadinya degradasi  karakter  dan  nilai-nilai  luhur budaya  Bangsa,  yang  berpotensi  mengancam persatuan dan kesatuan  Bangsa  Indonesia. Saat  ini  sebagian  dari  masyarakat Indonesia  seolah-olah  lupa  bahwa  Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha  Penyayang telah  menciptakan  alam  semesta  beserta isinya  ini  dengan  kasih  sayang.  Kita seolah-olah  juga  lupa  bahwa  Bangsa Indonesia memiliki kasih sayang yang nilai-nilai telah luhur        mampu mempersatukan  keragaman  suku,  Bangsa dan  bahasa  menjadi  sebuah  kekuatan dahsyat  yang  mampu  memerdekakan Bangsa  ini.

Oleh  karena  itu,  melalui  kegiatan           doa  bersama  yang  mengambil  tema “Indonesia  Lebih  Kasih  Sayang”  ini,  kita ingin  menggugah  kembali  kesadaran  akan pentingnya  mengedepankan  sifat  kasih sayang,  yang  juga  merupakan  sifat  dan anugerah Tuhan,  untuk  menjaga  persatuan dan  kesatuan  Bangsa.  Semoga  melalui kegiatan  ini  Bangsa  Indonesia  mampu meneguhkan  kembali  komitmen  untuk bersama-sama  bahu  membahu  mengisi kemerdekaan  ini  dengan  karya  nyata  yang dilandasi  rasa  pengabdian  kepada  Bangsa dan  Negara  menuju  Indonesia  yang makmur dan sejahtera.

KH. Ali Moenif mengajak kita untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Alloh SWT, dengan berbuat kebajikan. Selain itu juga diharapkan sebagai anak bangsa, kita wajib menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Sehingga negara kita akan tetap utuh.

Doa bersama dituptup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Ali Moenif dilanjutkan sholat Magrib berjamaah.