Press ESC to close

Kodim Rembang Optimalisasi Pembuatan Embong

Kementrian pertanian, bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI-AD) guna melaksanakan Ketahanan pangan. keterlibatan TNI AD itu dituangkan dalam kesepakatan kerjasama TNI AD mendukung ketahanan pangan bersama Kementrian Pertanian. Terkait hal tersebut, untuk wilayah Kabupaten Rembang, Dinas Pertanian Kabupaten Rembang bekerja sama dengan Kodim 0720/Rembang  baru-baru ini melaksanakan optimalisasi dengan membuat  beberapa Embong (Cekdam) khususnya di Desa, Mojokerto Kecamatan Kragan, Rembang guna pengembangan tanaman pangan.

Pembangunan Embong (Cekdam) ini adalah untuk optimalisasi lahan pertanian yang dianggap tidak produktif,  sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya lahan pertanian menjadi lahan usaha tani, dimana salah satunya melalui usaha perbaikan fisik yaitu bendungan air serta lahan dan daya dukung lahan dimana aspek teknisnya adalah perbaikan infrastruktur fisik (bendungan air) yang di perlukan agar dapat berhasil guna.

Sementara itu, Dandim 0720/Rembang, Letnan Kolonel Inf Wawan Indaryanto mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu pembangunan strategis, karena memiliki keterkaitan yang erat antara produktivitas sektor pertanian dengan ketahanan pangan Nasional. “Kerjasama ini didasari, oleh keinginan bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, melalui program pembangunan sektor pertanian sebagai bentuk pengabdian TNI dalam mendukung program pemerintah”, jelas Dandim Rembang.