Sabtu , 18 November 2017
Berita Terbaru
Home » Artikel » Kodim dan Komunitas Pasar Pagi Peringati Hari Peduli Sampah
Kodim dan Komunitas Pasar Pagi Peringati Hari Peduli Sampah

Kodim dan Komunitas Pasar Pagi Peringati Hari Peduli Sampah

Kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya  dimasyarakat masih sangat kurang. Untuk itu pada hari peduli sampah yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Kodim 0707/Wonosobo mengajak kepada masyarakat pasar pagi Wonosobo mengadakan kerja bakti dan sosialisasi akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.  Kegiatan itu melibatkan para pedagang, tukang ojek, petugas parkir, pengelola pasar dan anggota Kodim 0707 Wonosobo dibawah pimpinan Danramil Kota Kapten Inf Sugeng hariyanto.  Sasaran kegiatan meliputi pembersihan lokasi pasar,  menguruk tempat parkir pasar dan yang tak kalah penting adalah pembersihan saluran air.

Kapten Sugeng menyampaikan bahwa kebersihan pasar menjadi tanggung jawab kita semua.  Kegiatan kebersihan harus dimulai dari kita sendiri, lingkungan sekitar kita.  Kalau itu sudah bisa dilaksanakan dengan baik yaitu membuang sampah pada tempatnya maka semua akan bersih.  Apabila pasar itu bersih maka para pengunjung akan merasa senang.

Sampah bila kita bisa mengelola dengan baik bisa menghasilkan nilai ekonomi akan tetapi bila kita membuang sembarangan maka akan menjadi malapetaka buat kita. Sampah yang tidak terkelola dengan baik menimbulkan pemadangan yang tidak enak, menimbulkan bau yang tidak sedap dan menjadi sumber penyakit.  Apa bila hal ini terus dibiarkan khususnya dilingkungan pasar dapat meinimbulkan pengunjung tidak mau ke pasar.  Ini bisa merugikan para pedagang.

Kegiatan karya bakti pembersihan pasar yang dilakukan oleh Kodim dengan mengajak para komunitas pasar mempunyai maksud bahwa Kodim peduli akan keberadaan pasar sebagai sentral ekonomi masyarakat.  Maka pasar harus selalu bersih dari sampah.  Tentara saja mau mengambil sampah yang ada.  Ini sebagai bentuk kampaye akan pentingnya menjaga kebersihan.  kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama menunjukkan hubungan yang harmonis antara TNI dengan rakyat.