Press ESC to close

Komandan Indobatt Diserahterimakan

Lebanon – Deputy Force Commander UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) Major General Shivaram Kharel menjadi Inspektur Upacara dalam TOA (Transfer Of Authority) atau serah terima jabatan dari Komandan Indobatt XXIII-K/UNIFIL Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. kepada Komandan Indobatt XXIII-L/UNIFIL Letkol Inf Arfan Johan Wihananto,S.I.P. yang dilaksanakan di Rubb Hall Unifil HQ Naqoura Lebanon, Jumat (14/12) waktu setempat.  Serah terima bersamaan dengan satuan tugas  lainnya yang tergabung dalam Kontingen Garuda Indonesia. Upacara serah terima berjalan dengan lancar dalam amanatnya Inspektur Upacara memberikan apresiasi kepada seluruh Kontingen Indonesia karena telah menjalankan misi perdamaian PBB di Lebanon dengan dedikasi tinggi.

Major General Shivaram Kharel dalam amanatnya, mengucapkan banyak terima kasih kepada Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd.  beserta seluruh anggota Konga XXIII-K/UNIFIL yang telah banyak berkontribusi dalam misi perdamaian di wilayah Lebanon Selatan, serta ucapan selamat datang kepada Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.IP. beserta anggotanya yang akan melanjutkan misi perdamaian di wilayah Lebanon Selatan, dengan harapan Konga XXIII-L/UNIFIL dapat meneruskan misi perdamaian ini dengan lebih baik lagi hingga akhir penugasan nanti selama 1 tahun.

Dengan telah diserahkannya otoritas kendali operasional Satgas, Konga XXIII-L/UNIFIL (Indobatt) akan bertugas mengontrol wilayah tanggung jawabnya (Area Of Responsibility/AOR) di Lebanon Selatan seluas kurang lebih 112 Km², antara lain Adshit al Qusayr, Al Qantarah, Ghanduriyah, Az Ziqqiyah, Deir Siriane, El Adeisse, Rabbat Talame, Markaba, Tallusah, dan Houla.

“Kami mengerti bahwa menjadi perwakilan negara dalam suatu peacekeeping operation tidaklah mudah, namun sejalan dengan motto kami Garuda Hebat, kami akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan, profesionalisme serta disiplin sebagai modal dalam pelaksanaan setiap tugas, serta menunjukkan moril dan etika yang santun khas Indonesia untuk menarik simpatik masyarakat setempat, inilah modal kami agar bisa menjaga citra Indonesia pada umumnya dan TNI pada khususnya” ujar Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.IP sebagai Komandan Satgas Indobatt yang baru setelah melaksanakan kegiatan TOA.